HIKMAH JUMAT : Demi Masa

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si.
Jangan biarkan waktu berlalu begitu saja tanpa ada nilai ibadah yang bisa kita raih. (Foto : Ist)

Tujuan Allah menciptakan manusia di muka bumi ini adalah untuk beribadah hanya kepada-Nya. Perhatikan firman Allah dalam Al-Qur’an surat Adz-Dzariyat ayat 56 yang artinya: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah hanya kepada-Ku.”

Allah akan memberikan pertanyaan dan meminta pertanggungjawaban kepada kita. Jawaban apa yang akan kita berikan ketika Allah bertanya nanti? Mampukah kita mempertanggungjawabkan semuanya?

Solusinya adalah, jangan biarkan waktu berlalu begitu saja tanpa ada nilai ibadah yang bisa kita raih. Karena sejatinya ibadah tidak hanya ibadah mahdhah, namun lebih luas lagi dengan adanya ibadah ghairu mahdhah.

Ibadah mahdhah adalah ibadah yang selama ini kita kenal seperti shalat, puasa, zakat, haji, dan jenis-jenis ibadah lainnya. Sementara itu, ibadah ghairu mahdhah adalah segala amal shalih yang diniatkan karena Allah untuk mendapatkan ridha dan pahala dari Allah SWT.

Dengan adanya ibadah ghairu mahdhah, sejatinya Allah SWT memberikan kesempatan kepada kita untuk senantiasa dalam keadaan beribadah dari mulai bangun tidur hingga tidur lagi. Itulah sebabnya, Baginda Rasulullah SAW mengajarkan berbagai do’a kepada kita agar setiap aktivitas yang kita lakukan bernilai ibadah di hadapan Allah SWT.

Merugilah kita, apabila waktu yang Allah berikan kepada kita berlalu begitu saja. Merugilah kita, apabila kita tidak memanfaatkan waktu yang Allah berikan untuk beribadah kepada-Nya.

Untuk itu, di penghujung tahun 1443 H ini, tidak ada kata terlambat bagi kita untuk kembali kepada Allah SWT dengan cara menuntut ilmu, mengimaninya, mengamalkannya, dan mendakwahkannya. Istiqamah dalam kebenaran walaupun berat, dan sabar dalam menghadapi segala ujian hidup dan kehidupan.

Dunia hanya sementara. Jangan biarkan pesona dunia membuat kita terlena. Jangan biarkan kenikmatannya, melalaikan kita untuk mendapatkan kenikmatan dan kebahagiaan abadi di sisi Allah SWT.

Sebagaimana Allah mengingatkan kepada kita dalam Al-Qur’an surat Al-Ashr ayat 1-3 yang artinya: “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. Kecuali orang yang beriman dan beramal shalih, dan saling menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati dalam kesabaran.”  (*)   

Wallahu a’lam bish-shawab.

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network