10 Makanan Khas Bali Halal, Rasanya Enak Wajib Dicoba

Fajar Hendra Jaya
Makanan khas Bali halal salah satunya ayam betutu. (Foto: Instagram @mr.boo89)

Lawar

Lawar merupakan makanan khas Bali yang sering bakal kita jumpai , jika kamu datang ke restoran khas makanan Bali. Karena lawar ini akan disajikan bersama makanan utama, dan lawar ini digunakan sebagai side dish atau lalapan untuk mendampingi makanan pokok. Lawar ini terbuat dari berbagai macam sayuran seperti kacang panjang dan juga parutan kelapa . Ada pula lawar yang menyajikan menggunakan suwiran ayam, untuk menambahkan tekstur dan gurih pada lawar.

Sate lilit Bali. (Foto: Instagram @kuesabine_bytutiputu).

Sate Lilit

Sate lilit merupakan makanan khas Bali berikutnya yang terbuat dari bahan baku yang halal. Sate lilit ini merupakan makanan yang sangat terkenal di daerah Bali dan bahkan dari luar Bali sekalipun. 

Sate ini terbuat dari daging yang dicincang halus seperti daging ayam dan juga daging ikan tenggiri yang diolah, kemudian dililitkan pada batang serai yang ketika dibakar akan mengeluarkan aroma yang harum. Belum lagi sate ini dipadukan dengan khas Bali yang akan membuatmu makin tergiur dengan kenikmatannya.

Tipat Blayag

Makanan ini sekilas mirip dengan lontong sayur, makanya banyak yang bilang bahwa makanan ini adalah lontong sayur khas Bali. Tipat Blayag ini terbuat dari beras yang dibungkus oleh daun pisang dengan  bentuk kerucut. 

Makanan ini biasanya disajikan dengan berbagai macam pelengkap dan lauk seperti irisan telur, kacang goreng, lawar, dan masih banyak lagi. Untuk kuah nya sendiri terbuat dari bumbu rahasia khas Bali yang memiliki cita rasa yang manis dan gurih ketika bercampur menjadi satu dalam mulut. 

Bebek Betutu

Makanan khas Bali halal berikutnya yakni bebek betutu. Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal oleh masyarakat Indonesia, dan sudah banyak restoran yang menyediakan makanan yang satu ini. Untuk pengolahannya sendiri cukup unik,  yakni dengan daging yang dipijat-pijat setelah dibumbui, agar bumbu yang diberikan meresap hingga ke tulang. Bumbu yang dipakai pun memiliki ciri khas sendiri yakni menggunakan bumbu kuning khas Bali, yang memiliki cita rasa tersendiri, saat kamu menyantapnya. Untuk memasaknya sendiri membutuhkan waktu semalaman , untuk menghasilkan citarasa yang sempurna.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network