10 Makanan Khas Bali Halal, Rasanya Enak Wajib Dicoba

Fajar Hendra Jaya
Makanan khas Bali halal salah satunya ayam betutu. (Foto: Instagram @mr.boo89)

Nasi Jinggo

Nasi jinggo merupakan nasi putih biasa yang dicampur dengan berbagai macam lauk pauk seperti suwiran ayam, orek tempe, mie goreng dan juga beserta sambal untuk menambah cita rasa asin, gurih, manis, serta pedas dalam hidangan yang satu ini. Untuk menemukan nasi ini kamu tidak akan kesulitan, karena banyak pedagang di pinggir jalan yang menjualnya. 

Nasi jinggo salah satu makanan khas Bali halal. (Foto: Instagram @masyege)

Tum Ayam 

Tum ayam merupakan salah satu makanan halal khas Bali yang terbuat dari ayam. Makanan ini menyerupai pepes yang dibungkus dengan daun pisang. Tum ayam ini diracik dengan berbagai macam bumbu dapur yang kaya akan rasa, seperti bawang merah, bawang putih, kencur, jahe,lengkuas, dan juga santan. Tum ayam ini memiliki cita rasa khas yang sangat pekat yakni gurih dan memiliki aroma yang sangat mengundang selera.

Laklak

Laklak merupakan makanan yang menyerupai serabi dan terbuat dari tepung beras. Makanan ini dimasak di atas kendi tradisional dan dibakar di atas bara api, sehingga tercium aroma yang enak dari panggangan laklak tersebut. 

Untuk ukurannya, laklak sedikit lebih kecil daripada surabi yang biasa kita temui. Untuk penyajiannya sendiri laklak disiram dengan sirup gula merah dan parutan kelapa yang disangrai sehingga tercipta rasa manis dan gurih di mulut penikmatnya.

Rujak Kuah Pindang

Makanan halal khas Bali yang terakhir adalah rujak kuah pindang. Rujak ini terdiri dari mangga muda yang diiris kemudian dilengkapi dengan bengkoang, kedondong, jambu dan buah-buahan yang lainnya. 

Kemudian buah-buahan tersebut disiram dengan kuah pindang yang diracik dengan bumbu-bumbu khas Bali yang otentik. Dengan begitu, rujak ini memberikan sensasi rasa asam, gurih, dan pedas dari kuah pindang yang disiram, sehingga membuat rasa yang diberikan lebih kompleks dan tidak monoton. (*)



Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network