Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2022: Fadia/Ribka Kalah dari Pasangan Thailand

Andhika Khoirul Huda
Ganda putri Indonesia, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto. (Foto: Twitter/@INABadminton)

TOKYO, iNews.id – Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto kalah 15-21, 21-10, dan 15-21 dari pasangan Thailand, Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai. Dengan begitu Fadia/Ribka tersingkir dari Kejuaraan Bulutangkis Dunia 2022.

Bermain di Tokyo Metropolitan Gymnasium, Rabu (23/8/2022), Fadia/Ribka banyak melakukan kesalahan di awal pertandingan. Kondisi tersebut menguntungkan Jongkolphan/Rawinda yang mendapat beberapa poin gratis untuk memimpin dengan skor 6-3. 

Meski bisa balik menekan pasangan Negeri Gajah Putih itu, duet Merah-Putih masih belum menemukan sentuhan terbaik mereka. Hasilnya, mereka tertinggal 8-11 pada interval gim pertama. 

Selepas jeda, Fadia/Ribka terus berusaha mengejar ketertinggalan. Namun, Jongkolphan/Rawinda sangat kokoh ketika bertahan sehingga serangan mereka sangat sulit untuk berbuah poin. Sang lawan masih mempertahankan keunggulan tiga angka dalam skor 15-12. 

Setelah itu, Fadia/Ribka mulai keteteran menghadapi serangan yang dilancarkan oleh pasangan ranking delapan dunia itu. Alhasil, mereka semakin tertinggal dengan skor 13-19 sebelum akhirnya kalah 15-21 pada gim pertama. 

Tak mau kalah, Fadia/Ribka bermain lebih baik di awal gim kedua. Mereka jarang melakukan kesalahan dan mampu merepotkan sang lawan dengan variasi bola-bola net dan drop shot silang. Mereka unggul 6-3. 

Di sisi lain, pertahanan Jongkolphan/Rawinda sudah tak sekuat gim pertama tadi. Smash-smash keras yang dilancarkan pasangan Merah-Putih mudah sekali tembus sehingga mereka tertinggal 5-11 pada interval gim kedua. 

Usai rehat, Fadia/Ribka tak mengendurkan serangan agar lawan tak bisa mengembangkan permainan. Mereka terus memperlebar jarak dengan keunggulan 15-8. Poin demi poin pun didulang oleh Fadia/Ribka tanpa kesulitan. Mereka akhirnya merebut gim kedua tanpa kesulitan dengan skor telak 21-10 sekaligus membuat pemenang laga ditentukan lewat rubber game. 

Pada gim penentuan, pertandingan berjalan sangat ketat. Skor imbang terus terjadi sejak awal hingga menginjak angka 6-6. Setelah itu, Fadia/Ribka berhasil menjauh dengan keunggulan 8-6 sebelum akhirnya tertinggal 10-11 pada interval gim ketiga. Usai istirahat, pasangan ranking 28 dunia itu tampas mulai kehabisan stamina sehingga Jongkolphan/Rawinda bisa menjauh dengan selisih lima angka, 15-10. Duet Negeri Gajah Putih akhirnya berhasil mengunci kemenangan pada gim ketiga dengan skor 21-15. (*)

 

Editor : Burhan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network