5 Gebrakan Anwar Ibrahim PM Malaysia, Rampingkan Kabinet hingga Tak Ambil Gaji

Ajeng Wirachmi
Anwar Ibrahim melakukan beberapa gebrakan begitu dilantik sebagai PM Malaysia (Foto: Departemen Informasi Malaysia via Reuters)

3. Tambah Hari Libur Nasional

Anwar menetapkan Senin (28/11/2022) menjadi hari libur nasional. Sebenarnya Anwar menjanjikan libur nasional pada Senin pekan lalu, namun saat itu Raja Malaysia masih berkutat menentukan perdana menteri akibat kebuntuan politik pasca-pemilu. Rencana mengubahnya menjadi Jumat juga batal terkait alasan pasar.

Sehari pasca-penunjukan dirinya sebagai PM, pasar saham Malaysia melejit sebagai bentuk kepercayaan investor. Anwar tak ingin menyia-nyiakan momentum positif tersebut. 

4. Rampingkan Kabinet

Usul merampingkan kabinet langsung disampaikan Anwar setelah dilantik. Masukan tersebut masih akan dibicarakan lagi di kabinet. 

Pria 75 tahun itu mengklaim susunan kabinetnya akan lebih efisien dibandingkan sebelumnya, yakni dari 31 menjadi hanya 25 posisi. Selain itu dia akan menunjuk dua wakil PM, yakni satu dari koalisi Barisan Nasional dan satu kursi lagi ditujukan untuk kelompok dari Borneo.

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network