Wow, Seniman Ini Gunakan Darahnya untuk Melukis karena Tak Punya Uang Beli Cat

Anton Suhartono
Elito Circa melukis dengan menggunakan darahnya (Foto: Reuters)

MANILA, iNewsSerpong.id - Pelukis asal Filipina Elito Circa menjadi sorotan publik karena pengorbanan sangat luar biasa demi pekerjaannya. Dia menggunakan darah sendiri untuk melukis, awalnya karena tak punya uang untuk membeli cat.

Pria 52 tahun itu mengambil darah yang kemudian ditampung di kantong khusus. Sebenarnya Circo sudah mencoba media lain untuk karya seninya, seperti tomat dan plum. Namun hasilnya tak sesuai harapan. Akhirnya dia mencoba media lukis dengan darah yang hasilnya memuaskan. Dia terpikir menggunakan darah karena cairannya sulit dihapus.

Circo Lahir dari keluarga miskin di Provinsi Nueva Ecija. Jangankan melukis, untuk sekolah pun keluarganya kesulitan membiayai.

“Setiap tergores, saya akan menggunakan darah saya karena noda darah sulit hilang,” kata Circa, dikutip dari Reuters, Selasa (20/12/2022).

Untuk mengambil darah, Circa pergi ke klinik yakni 3 bulan sekali. Setiap pengambilan terkumpul 500 mililiter darah.
Darah tersebut ditampung di kantong khusus seperti dilakukan kepada para donor yang kemudian disimpan di lemari pendingin di studio.

"Karya ini sangat penting bagi karena berasal dari diri saya, dari darah sendiri. DNA saya adalah bagian darinya Filosofi saya adalah hidup itu berputar dan semuanya adalah siklus, jadi (darah saya) adalah sebuah alat yang berfungsi sebagai pengingat dari mana saya berasal," kata Circa.

Setelah membuat lukisan mural berukuran 122x244 cm persegi yang menggambarkan sejarah Pantabangan, kota tempat dia dibesarkan, Circa berambisi memecahkan rekor dunia. Dia akan melukis dengan darahnya pada tahun depan di kanvas sepanjang 100 meter.(*)



Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network