Balap Liar Bakal Naik Level, Sejumlah Lokasi yang Disiapkan Polda Metro Jaya

Irfan Ma'ruf
Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. (Foto : Ist)


JAKARTA, iNewsSerpong.id - Balap liar jangan dimusuhi tapi dirangkul. Itu yang sekarang dilakukan Polda Metro Jaya. Sebagai tindak lanjut, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah melakukan pemetaan terkait lokasi sirkuit untuk mengakomodir balap liar.

Setidaknya ada tiga lokasi yang direncanakan menjadi lokasi balap.  Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menegaskan pihaknya serius memfasilitasi balapan liar menjadi resmi sehingga tidak meresahkan masyarakat.  

"Banyak sudah. Ada salah satunya di Kemayoran, di Ancol, di BSD, kemudian di PIK 2, ada beberapa lokasi lah," kata Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Jumat (17/12/2021). 

Rencananya, Sambodo membeberkan ajang balapan itu akan berkonsep auto bazar dengan diselipi pertunjukan, bazar hingga kuliner. Sambodo menjelaskan balapan ini juga direncanakan berkelanjutan. 

"Mungkin racenya per tiga bulan sekali. Tapi nanti di akhir tahun, race keempat itu adalah final dari para juara-juara," tuturnya.

Nantinya, lanjut Sambodo, tidak menutup kemungkinan pihaknya akan menyiapkan satu lokasi yang bisa digunakan pembalap liar untuk balapan resmi setiap minggunya.

"Ada satu tempat yang memang kita siapkan, boleh digunakan setiap malam minggu misalnya untuk mereka balapan di situ dengan resmi," ujarnya. 

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran merencanakan akan memfasilitasi kegiatan balap liar di Ibu Kota. Rencana itu dibuat untuk mencegah maraknya aksi balap liar yang meresahkan masyarakat.  

"Makanya saya rencananya mau membuat balapan untuk para pembalap jalanan (balap liar). Jadi balap liar itu saya fasilitasi, bukan dimusuhi, bukan ditangkapi, akan saya fasilitasi dia (para pelaku balapan liar)," kata Fadil. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network