Breaking News : Muktamar NU Tanpa Intervensi Kemenag, Yaqut : Tuduhan Campur Tangan Itu Fitnah

Indra Purnomo
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan, tak ada intervensi Kementerian Agama dalam gelaran Muktamar NU ke-34. (Foto : Kemenag)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Muktamar NU ke-34 mulai digelar hari ini, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas memastikan tidak ada intervensi Kementerian Agama. Muktamar diadakan di Pondok Pesantren Darussa'adah Gunungsugih, Lampung.

Hal itu ditegaskan Yaqut saat membuka gelaran pembukaan Silaturrahim Kerja Nasional Forum Direktur Pasca Sarjana PTKIN XIII yang dirangkai dengan Internasional Conference on Islam Law and Society di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Selasa kemarin.

"Muktamar NU itu bukan hanya untuk NU melainkan untuk bangsa dan negara. Karena itu saya mengizinkan ada kegiatan Kementerian Agama (Kemenag) di Lampung saat gelaran Muktamar NU," ujar Yaqut.

"Namun ini saya tegaskan bahwa kegiatan Kemenag di Lampung tidak ada hubungan dengan Muktamar NU seperti yang difitnahkan ada intervensi Kemenag. Ini semata-mata untuk menghormati NU yang kita tahu bersama adalah ormas keagamaan Islam yang berjasa besar dalam kemerdekaan," sambungnya.

Dalam pembukaan Muktamar NU ke-34 dengan mengusung tema besar 'Satu Abad NU: Kemandirian dalam Berkhidmad untuk Peradaban Dunia pada Rabu (22/12/2021), Menag Yaqut akan mendampingi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network