Penemuan Baru Ilmuwan, Panel Surya Ketebalan Setipis Rambut dan Kapasitas 18 Kali Lebih Besar

Wasis Wibowo/Rivo
Tim peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menciptakan panel surya yang memiliki kapasitas 18 kali lebih besar per kilogram dan lebih tipis dari rambut manusia. Foto: Fossbytes

WASHINGTON, iNews.id - Sebuah tim peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) telah menciptakan panel surya yang memiliki kapasitas 18 kali lebih besar per kilogram dan lebih tipis dari rambut manusia.

Dibandingkan dengan panel surya saat ini yang menggunakan kaca dan silikon, berat sel surya ini hanya seperseratus dari berat fotovoltaik tradisional.

Menurut laporan dari natureworldnews, panel surya ini dibuat dengan menggunakan lapisan parylene yang sangat tipis yang ditempatkan di atas selembar plastik.

Parylene adalah jenis polimer yang memiliki sifat isolasi listrik yang baik, tahan terhadap korosi zat kimia, dan memiliki tingkat kelembapan yang tinggi.

Para peneliti juga menggunakan tinta yang bisa dicetak dengan berbagai bahan untuk membuat lapisan sel surya yang berbeda. Dalam menutupi seluruh struktur sel surya, diperlukan ketebalan tiga mikrometer.

Lapisan yang berfungsi mengubah cahaya menjadi listrik terbuat dari semikonduktor organik, sedangkan elektroda transparan terdiri dari kawat nano perak dan polimer konduktif.

Selanjutnya, panel surya yang telah selesai dibuat dilapisi dengan lem tipis di sekitar tepinya, dan berhasil dihubungkan dengan material kain yang tahan lama dan tipis untuk menghasilkan arus listrik.

Menurut Vladimir Bulovic, seorang profesor teknik elektro dan ilmu komputer di MIT, modul kain ini memiliki berat 0,1 kilogram per meter persegi dan mampu menghasilkan daya sebesar 370 watt per kilogram.

Meskipun dalam skala laboratorium dengan ukuran sekitar 10 x 10 sentimeter, Bulovic mengklaim bahwa semua ini dapat ditingkatkan dalam ukuran yang lebih besar tanpa masalah.

Editor : Sazili Mustofa

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network