HIKMAH JUMAT : Sekedar Jangan Dilupakan

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si.
Harta kekayaan atau kenikmatan dunia lainnya bukanlah untuk kesombongan atau keangkuhan. (Foto : Ist)

 

Jadikan Akhirat Tujuan Terbesarmu

Berdasarkan uraian di atas, maka dunia bukanlah tujuan akhir kita, namun akhiratlah tujuan terbesar hidup kita. Jangan sampai tujuan ini terbalik, sehingga hidup kita habis untuk mengejar dunia dan lupa akan akhirat.

Hanya karena sibuk mengejar dunia, akhirnya urusan ibadah menjadi terbengkalai. Akibat sibuk bekerja, akhirnya tidak ada waktu lagi untuk bersosialisasi dengan keluarga dan tetangga. Jangan pula karena pesta pora, menjadikan kita lupa akan kewajiban shalat lima waktu dan kewajiban lainnya.

Baginda Rasulullah SAW mengingatkan hal ini kepada kita dalam sabdanya yang artinya: “Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai akhirat, maka Allah akan memberikan kecukupan dalam hatinya, Dia akan menyatukan keinginannya yang tercerai berai, dunia pun akan dia peroleh dan tunduk hina kepadanya.

Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai dunia, maka Allah akan menjadikan dia tidak pernah merasa cukup, akan mencerai beraikan keinginannya, dunia pun tidak dia peroleh kecuali yang telah ditetapkan baginya.” (HR. Tirmidzi).

Oleh karenanya, jadikan segala pernak-pernik kehidupan dunia ini sebagai sarana bagi kita untuk meraih kebahagiaan negeri akhirat. Jadikan harta kekayaan yang kita miliki untuk membantu sesama. Jadikan ilmu yang kita miliki untuk memberikan pencerahan dan inspirasi bagi banyak orang.

Syukuri dan nikmati segala bentuk harta, kekayaan, dan kenikmatan yang  telah Allah anugerahkan kepada kita dengan menunaikan hak-hak yang ada pada diri kita, keluarga, sesama, dan terlebih lagi hak Allah SWT.

In syaa Allah dengan seperti itu, kenikmatan dan kebahagiaan yang kita raih di dunia ini, akan membawa kita meraih kenikmatan dan kebahagiaan yang hakiki di akhirat kelak. Sukses dan mulia hidup kita di dunia, sukses dan mulia pula hidup kita di akhirat. (*)


Syukuri dan nikmati segala bentuk harta, kekayaan, dan kenikmatan yang  telah Allah anugerahkan. (Foto : Ist)
 
Wallahu a’lam bish-shawab.

          

 

Editor : Syahrir Rasyid

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.

Artikel Terkait

BERITA POPULER +
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network