Soimah Dijuluki Artis Crazy Rich dari Bantul

Yohanes Demo
Soimah. (Foto: instagram)

BANTUL, iNewsSerpong.id - Profil dan biodata Soimah Pancawati atau yang akrab disapa Mak'e. Artis yang dikenal sebagai penyanyi, juri, sinden, pelawak dan kini merambah ke dunia usaha terkenal multitalenta.

Siapa sangka jika Soimah merupakan lulusan Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Penasaran dengan sosoknya, berikut profil dan biodata Soimah yang berhasil dirangkum.

Profil dan Biodata Soimah 

Soimah memiliki nama lengkap Soimah Pancawati. Dia merupakan perempuan kelahiran Pati, Jawa Timur, 29 September 1980 lalu. Pada tahun 2002, ia menikah dengan seorang pria bernama Herwan Prandoko. Dari pernikahannya tersebut, Soimah dikaruniai dua orang anak bernama Aksa Uyun Dananjaya dan Diksa Naja Naekonang.

Artis terkenal dengan logat daerah, Soimah.

Soimah dikenal sebagai artis bertalenta. Awal mula dirinya berkecimpung di dunia hiburan diawali dari ketertarikannya ikut di padepokan tari Bagong Kussdiardjo di Yogyakarta.

Mulai tertarik dengan dunia seni, begitu lulus SMP, Soimah memutuskan melanjutkan pendidikan di SMKI (Sekolah Menengah Kesenian Indonesia) dengan mengambil jurusan Karawitan. Tak hanya piawai memainkan alat musik gamelan, ia juga memiliki suara emas sampai sering mendapatkan juara dalam berbagai lomba kesenian. Sebut saja juara 1 lomba nyanyi Bintang Karaoke Dangdut se Jateng-DIY, juara 1 Bintang Televisi dan juara Dara Ayu.

Nama Soimah kian melambung ketika bergabung dengan Jogja Hip Hop Foundation pada Mei 2011. Soimah bersama komunitas tersebut kemudian melakoni tur dunia.

Bukan sembarang seniman, Soimah diketahui telah merilis sembilan single dan satu album semasa aktif di dunia hiburan. Lagu-lagu Soimah didominasi genre dangdut, seperti misalnya lagu dengan judul Hoa Hoe, Kurang Sexy dan Sing Penting Joget.

Tak hanya itu, ia juga aktif di banyak acara televisi. Sebut saja seperti D'Academy, Bintang Pantura, Juragan 11, Cerita Soimah dan masih banyak lagi. Tak puas di dunia tarik suara, Soimah juga tercatat pernah membintangi film drama musikal komedi Indonesia yang berjudul Musik untuk Cinta. Dalam film tersebut, Soimah beradu akting dengan Ian Kasela, Arumi Bachsin, Ferry Ardiansyah dan lainnya.
 

Editor : Syahrir Rasyid

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network