Civitas Akademika Unesa Surabaya Serukan Pejabat Negara Netral di Pemilu 2024

Masdarul KH
Civitas akademika dan guru besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa) saat bacakan enam poin pernyataan sikap menjelang Pemilu 2024. (Foto: MPI/Masdarul Kh)

SURABAYA, iNewsSerpong.id – Dorongan untuk terciptanya penyelenggaraan Pemilu yang baik terus disuarakan akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. 

Di Surabaya, Civitas akademika dan guru besar Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengeluarkan pernyataan sikap menjelang Pemilu 2024. Dalam pernyataannya, para guru besar Unesa menyerukan semua pihak, khususnya pejabat negara untuk menjadi teladan dalam menjaga netralitas

Mereka juga mengingatkan seluruh pejabat negara, ASN, TNI dan Polri agar netral dan tidak memihak salah satu calon.

Menurut dosen Unesa Dr Martadi, civitas akademika yang menjadi moral force ingin berkontribusi untuk memastikan dan menjaga agar dinamika politik yang terus berkembang jangan sampai memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Tugas kita ikut berkontribusi dan ingin memberikan spirit moral serta mengingatkan semua komponen bangsa. Perlu diketahui pemilu buka akhir segalanya. Pemilu akan menciptakan NKRI yang adil dan sejahtera untuk masyarakat," kata Martadi.

Dengan mencermati dinamika politik nasional pada proses Pemilu 2024 dan untuk mengawal tegaknya demokrasi serta menjaga keutuhan NKRI menuju Indonesia Emas 2045, Unesa menyatakan sikap : 

1. Mendorong semua pihak untuk menjaga kebersamaan dan suasana kondusif demi terwujudnya demokrasi yang sehat berazaskan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

2. Mendorong semua elemen bangsa memberikan teladan yang bijak dengan mendahulukan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan untuk suksesnya Pemilihan Umum 2024.

3. Mendorong kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), Pejabat Negara dan Pemerintah, TNI dan Polri untuk menjaga netralitas dan tidak memihak dalam Pemilihan Umum 2024.

4. Mendorong semua pihak untuk menghargai kebebasan akademik sebagai bagian dari otonomi kampus yang konstitusional, tanpa ada tendensi kepentingan politik, namun semata-mata untuk menjaga peradaban dan nilai-nilai demokrasi. 

5. Mengajak seluruh elemen bangsa untuk memberikan edukasi dan literasi politik kepada masyarakat sehingga terhindar dari informasi yang bersifat hoaks dan ujaran kebencian agar terwujud pemilihan umum 2024 yang jujur, adil, aman dan damai. 

6. Mengajak seluruh warga negara yang memiliki hak pilih untuk tidak golput, memilih sesuai hati nurani dan menghargai perbedaan pilihan. 

"Pernyataan sikap guru besar, civitas akademika, dan alumni Universitas Negeri Surabaya ini sebagai perwujudan tanggung jawab moral dalam menjaga demokrasi yang beradab," tulis pernyataan dari guru besar, civitas akademika dan alumni Unesa.


Artikel ini telah tayang di jatim.inews.id dengan judul " Unesa Serukan Pejabat Negara Netral di Pemilu 2024, Jaga Demokrasi yang Beradab ", Klik untuk baca: https://jatim.inews.id/berita/unesa-serukan-pejabat-negara-netral-di-pemilu-2024-jaga-demokrasi-yang-beradab/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network