Pasarame adalah Platform untuk Ekspresikan Kreativitas Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

Nurdin R Radin

Pasarame bagian dari rangkaian kegiatan semester ganjil 2023/2024, difokuskan pada proyek mata kuliah Design Branding dan Media Promosi dan Dekorasi untuk mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta. (Foto: PNJ)

 

Depok, iNewsSerpong.id - Program Studi Desain Grafis Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan Politeknik Negeri Jakarta sukses menggelar "Pasarame" pada 3 dan 4 Februari 2024 di Pesona Square, Depok.

"Pasarame" merupakan bagian dari rangkaian kegiatan semester ganjil 2023/2024, difokuskan pada proyek mata kuliah Design Branding (Semester 5) dan Media Promosi dan Dekorasi (Semester 1).

Pasarame menjadi platform bagi mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas mereka dalam berbagai aspek branding, mulai dari konsep hingga kemasan produk.

Dipamerkan 22 Brand Karya Mahasiswa

Sebanyak 22 brand karya mahasiswa dipamerkan, mencerminkan dedikasi dan usaha mereka selama proses pembelajaran Project Based Learning.

Selain itu, instalasi seni dan poster dengan tema "Jelajah Semesta" turut dipamerkan, menampilkan keterampilan dan kreativitas mahasiswa semester 1.

Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Negeri Jakarta, Nunung Martina, S.T., M.Si, memberikan apresiasi positif terhadap kualitas karya yang dipamerkan.

Ia menyatakan, "Luar biasa panitia dan peserta, semuanya maksimal menyiapkan tenant-tenant mereka. Saya bahkan mencoba beberapa produk, meskipun hanya sampel, dan rata-rata desain grafisnya menonjol," ungkapnya.

Nunung menambahkan, "Saya hampir tidak percaya bahwa produk ini benar-benar hasil karya mahasiswa. Mereka tidak kalah bahkan lebih dari yang sudah ada di pasaran. Kemasan produknya sangat menarik," ujarnya.

Untuk tahun mendatang, Nunung berharap kegiatan ini bisa meningkatkan keterlibatan mitra industri dalam pameran untuk menciptakan integrasi yang lebih erat antara dunia industri dan akademik.


Instalasi seni dan poster dengan tema "Jelajah Semesta" turut dipamerkan, menampilkan keterampilan dan kreativitas mahasiswa semester 1. (Foto: PNJ)
 

Sementara itu, Ketua kegiatan "Pasarame", Nabila Fajrina, S.I.Kom., M.Si, berbagi harapannya terkait acara ini. "Kami berharap melalui Pasarame, mahasiswa Desain Grafis dapat memasarkan brand mereka, mengenrich portofolio melalui booth kreatif, desain branding, dan kemasan produk," katanya.

Partisipasi bukan hanya tentang pengalaman berwirausaha, menurut Nabila, tetapi juga dengan pemahaman mendalam tentang branding dan pemasaran di dunia nyata.

Pasarame bukan hanya menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menunjukkan potensi desain mereka, tetapi juga untuk mengembangkan keterampilan kolaborasi melalui instalasi berdasarkan tema yang ditetapkan. (*)

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network