Logo Network
Network

Mengenal Warna Dan Posisi Baret TNI, Ada Yang Terinspirasi Cahaya Jingga Saat Fajar

Krina Sembiring
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 13:17 WIB
Mengenal Warna Dan Posisi Baret TNI, Ada Yang Terinspirasi Cahaya Jingga Saat Fajar
TNI dalam menjalankan tugasnya terbagi dalam tiga matra yakni TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Untuk membedakan ketiganya, ditandai dengan warna baretnya. Foto/MPI

Sejak tahun 2018, personel TNI yang bertugas di jajaran Mabes TNI dan di lembaga negara Republik Indonesia juga menggenakan baret berwarna hitam dengan emblem lambang TNI.

4. Baret Cokelat

Baret ini digunakan oleh satuan Armed (Artileri Medan). Baret cokelat yang dikenakan menggunakan emblem lambang Pusat Kesenjataan Artileri Medan atau (Pussen Armed) bernama Tri Shandya Yudha.

Lambangnya berupa gambar dua buah meriam yang saling berhadapan dan dua amunisi arteleri dengan posisi tegak di bagian tengah.

Baret cokelat juga dikenakan Arhanud (Artileri Pertahanan Udara). Emblem pada baret cokelatnya menggunakan lambang Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Pussenarhanud) yaitu Vyati Rakca Bhala Cakti dengan makna prajurit sakti penjaga angkasa.

Lambangnya berupa busur panah dengan anak panah yang siap ditembakkan ke atas.

5. Baret Biru 

Baret ini dikenakan oleh Polisi Militer (PM). Emblem pada baret PM dindai dengan lambang dua pistol bersilang dalam bingkai segi lima berwarna emas. Pusat Polisi Militer Angkatan Darat (Puspomad) juga mengenakan baret berarna biru.

Hanya saja Puspomad mengenakan emblem bergambar topeng Gajah Mada dengan seloka Satya Wira Wicaksana.

Sama dengan Puspomad, baret biru juga dikenakan Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal). Yang membedakan adalah emblemnya.

Emblem baret Pomal selain dua revolver bersilang juga terdapat gambar jangkar yang mengambarkan matra laut. Pusat Polisi Militer Angkatan Udara (Puspomau) juga mengenakan baret biru seperti dua matra lainnya. Emblem pada Pomau juga bergambar pistol bersilang dengan tambahaan gambar Garuda dan bintang bersudut delapan serta tulisan Wira Waskita.

7. Baret Biru Tua

Personel pada Markas Besar (Mabes) TNI AL menggenakan baret biru tua dengan emblem Jalesveva Jaya Mahe.

Emblem ini bergambar jangkar di tengah untaian padi dan kapas dengan simbol Pancasila di atasnya. Bagian bawah dengan tulisan Jalesveva Jaya Mahe yang berarti di laut kita jaya.

Baret biru tua juga dikenakan Satuan Komando Utama yaitu Komando Armada (Koarmada) I, Koarmada II, Koarmada III atau dikenal dengan Baret Armada.

Baret ini berwarna biru tua dengan emblem perisai merah yang di dalamnya terdapat gambar jangkar dan trisula denga latar belakang ombak lautan. Penerbangan Angkatan Laut (Penerbal) juga mengenakan baret berwarna biru tua.

Dharma Jalakaca Putra merupakan lambang Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal). Yang terdiri dari elemen kapal perang, dua burung camar, perisai bergambar jangkar, dan bintang berjumlah enam buah.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2 3 4
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.