Logo Network
Network

5 Raja Minyak Terkaya Di Dunia, Hartanya Selangit

Ratih Ika Wijayanti
.
Rabu, 06 Juli 2022 | 08:13 WIB
5 Raja Minyak Terkaya Di Dunia, Hartanya Selangit
Mukesh Ambani raja minyak dari India, hartanya selangit. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id Raja minyak terkaya di dunia yang kekayaannya mencapai triliunan rupiah tersebar diberbagai negara.

Meski Arab Saudi dikenal sebagai negara penghasil minyak terbesar di dunia, namun raja minyak tidak hanya berasal dari kawasan ini.

Beberapa pengusaha minyak terkaya di dunia justru didominasi oleh pebisnis dari negara lain seperti Rusia dan India. 

Dilansir dari The Richest, ada sejumlah raja minyak terkaya di dunia yang berhasil menjadi pemimpin di industri tersebut. IDXChannel merangkumnya sebagai berikut :

5 Raja Minyak Terkaya di Dunia

1. Mukesh Ambani

Mukesh Ambani seorang pengusaha minyak asal India yang menjadi salah satu orang terkaya di India bahkan di Asia. Melalui perusahaan Reliance Industries yang dipimpinnya, Mukesh Ambani berhasil menjadi pemimpin dalam industri kilang minyak.

Seperti diketahui, Reliance Industries tercatat sebagai salah satu kilang minyak terbesar di dunia. Perusahaan warisan keluarga ini juga memiliki investasi yang kuat di bidang telekomunikasi dan eksplorasi gas. Total kekayaan Mukesh Ambani USD93,6 miliar atau Rp1.350 triliun (Rp14.472 per USD).

2. Charles Koch

Charles Koch mencetak uang dari warisan keluarga bersama saudaranya David Koch. Keduanya mewarisi Koch Industries yang didirikan ayahnya, Fred Koch.

Meski mendapatkan warisan, namun keduanya berhasil menunjukan kepiawaiannya dengan berhasil mengembangkan perusahaan ini melalui cara baru untuk mengolah minyak mentah menjadi minyak. 

Tak heran, dua bersaudara ini berhasil menjadi salah satu raja minyak terkaya di dunia. Masuk dalam daftar orang terkaya di dunia Forbes 2020. Kini, Charles Koch memiliki harta kekayaan yang mencapai USD54,6 miliar atau Rp790 triliun (Rp14.472 per USD). 

3. Vagit Alekperov

Vagit Alekperov seorang pengusaha minyak super kaya asal Rusia. Ia menjadi salah satu miliarder dunia. Ia bahkan menghabiskan hampir sepanjang hidupnya untuk berkarier.

Vagit Alekperov memulai karier di pengeboran minyak Rusia. Kariernya terus melesat hingga berhasil menjadi presiden di LUKoil pada 1992 dan menjadi CEO pada tahun 1993.

Kekayaan dan kerajaan minyaknya akan diwariskan pada sang anak agar menjadi bisnis keluarga secara turun menurun. Total kekayaan Vagit Alekperov saat ini mencapai USD18,6 miliar atau Rp269 triliun (Rp14.472 per USD). 

PISAH

4. Viktor Vekselberg

Pengusaha minyak terkaya asal Rusia lainnya adalah Viktor Vekselberg. Pengusaha yang satu ini dikenal sebagai sosok yang rendah hati meski. Ia memiliki perusahaan minyak TNK-BP yang didirikan bersama rekan bisnisnya.

Vekselberg juga dikenal akrab dengan Presiden Rusia. Dari industri minyak yang didirikannya, Viktor Vekselberg berhasil menjadi salah satu pengusaha minyak terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai USD15 miliar atau Rp217 triliun (Rp14.472 per USD).

5. Mohammed Al Amoudi

Pengusaha lain yang meraup kekayaan dari industri minyak ini adalah Mohammed Al Amoudi. Mohammed Al Amoudi berasal dari Arab Saudi yang memang eksportir minyak terbesar di dunia.

Pengusaha minyak yang satu ini memiliki dua kewarganegaraan mengingat Ibunya berasal dari Ethiopia dan sang ayah merupakan penduduk Arab Saudi. Ia memiliki kilang minyak di Maroko, Arab Saudi, dan Swedia. 


Mohammed Al Amoudi. (Foto : Ist)

Al Amoudi memiliki saham senilai 70% di National Oil Company of Ethiopia. Tak hanya itu, ia juga berinvestasi di bidang minyak dan memiliki sejumlah properti seperti hotel di beberapa negara. Total kekayaan Al Amoudi mencapai USD6,45 miliar atau Rp93,4 triliun (Rp14.472 per USD). Jumlah ini menurun dibanding tahun 2021 yang berjumlah 6,71 dan tahun 2020 sebanyak USD7,56 miliar. 

Itulah beberapa raja minyak terkaya di dunia yang kekayaannya berlimpah ruah. Para raja minyak ini berhasil meraup kekayaan dari industri minyak dan menjadi miliarder dengan harta kekayaan mencapai triliunan rupiah. (*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.