get app
inews
Aa Read Next : Lulusan IT Dicari PT Pegadaian, Berikut Posisi dan Persyaratannya

4 Tips Agar Sukses Mendapat Pekerjaan Terbaik, Cocok Untuk Fresh Graduate

Sabtu, 09 Juli 2022 | 07:33 WIB
header img
Wawancara kerja fresh graduate. (Foto/Ilustrasi : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Selepas dari bangku sekolah atau kuliah bisa dipastikan para lulusan baru (fresh graduate) akan sibuk mencari pekerjaan. Namun tak sedikit lulusan baru merasa kesulitan mencari pekerjaan.

Dalam Webinar SEVIMA pada Jumat (8/7/2022), Ketua Bidang Perkumpulan Praktisi dan Profesional Hubungan Industrial Triaji Lahardi mengajak para lulusan baru untuk terus berjuang meraih cita-citanya.

Triaji Lahardi membagikan empat tips sukses mendapat pekerjaan. Berikut tipsnya :

1. Persiapkan Diri Secara Matang dan Sedini Mungkin

Proses mencari pekerjaan dimulai membuat lamaran kerja dan curiculum vitae (CV), mencari lowongan kerja, hingga proses wawancara. Menurut Triaji, proses tersebut bisa jadi melelahkan dan membuat panik untuk beberapa orang.

Triaji menyarankan agar  lulusan baru sebaiknya menyiapkan diri secara matang sejak jauh-jauh hari. Mencari pekerjaan bisa dilakukan sebelum lulus sekolah/kuliah.

Sejak di bangku sekolah dan kuliah pun, para pelajar sudah bisa bekerja atau magang. Membuat CV juga perlu dilakukan sejak jauh-jauh hari. Karena CV yang baik perlu mencantumkan kualifikasi utama (key qualification), yang singkat namun membedakan lulusan baru tersebut dengan lulusan baru lainnya.

Misalnya lulusan akuntansi yang sudah menguasai atau memiliki sertifikasi terkait Pedoman Standar Akuntansi Keuangan, tentu berbeda dengan lulusan akuntansi yang belum menguasai kemampuan tersebut.

"Jangan ragu-ragu untuk menunjukkan kemampuan-kemampuan yang dimiliki dalam CV dan wawancara kerja,” ungkap Triaji.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut