Logo Network
Network

15 Negara Terancam Jurang Resesi, Justru Rupiah RI Perkasa, Ada Apa? 

Advenia Elisabeth/MPI
.
Senin, 18 Juli 2022 | 16:59 WIB
15 Negara Terancam Jurang Resesi, Justru Rupiah RI Perkasa, Ada Apa? 
15 Negara Terancam Resesi, Rupiah Malah Ditutup Menguat (Foto: MNC Media)

JAKARTA,iNewsSerpong.id – Ancaman resesi mengancam 15 negara didunia termasuk Indonesia. Namun RI diperkirakan tidak akan terlalu berdampak besar, karena mampu menjaga momentum pemulihan ekonominya pasca Covid-19.  

Hal ini tercermin dari Nilai tukar rupiah justru mengalami anomali ditutup menguat 15 poin di level Rp 14.981 atas dolar Amerika Serikat (USD) dalam perdagangan sore ini. 

Pengamat Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi, mengatakan salah satu faktor pemicunya karena banyak negara yang berpotensi mengalami resesi ekonomi termasuk Indonesia.

"Ada 15 daftar negara yang berpotensi mengalami resesi ekonomi dan Indonesia berada pada urutan ke-14. Namun, Indonesia kalau dilihat dari kondisi ekonomi saat ini, kemungkinannya sangat kecil untuk terdampak resesi karena saat ini Indonesia terus menjaga momentum pemulihan ekonominya pasca Covid-19 dengan berbagai instrumen kebijakan yang relatif aman," terang Ibrahim dalam rilis hariannya, Senin (18/7/2022).

Lebih lanjut, inflasi di negara-negara maju dan negara berkembang saat ini tidak semata-mata disebabkan oleh disrupsi global saja. Sebagian besar disebabkan oleh kebijakan internal negara masing-masing.

Sedangkan, inflasi global sudah dimulai sejak masa pandemi Covid-19 ketika pemerintah di masing-masing negara mulai menyuntikkan paket stimulus ke dalam ekonominya. Permintaan menjadi naik namun dari sisi supply chain masih terganggu sehingga harga komoditas menjadi tinggi. 

"Kemudian, diperparah dengan adanya perang Rusia-Ukraina karena Rusia adalah salah satu negara eksportir minyak terbesar di dunia dan Ukraina adalah salah satu negara pengekspor gandum dan minyak biji matahari," katanya.

Lebih lanjut dia memprediksi, untuk perdagangan besok, Selasa (19/7) mata uang rupiah dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp14.960-Rp15.010.(*)

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini