get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Jangan Mau Kalah oleh Toko Sebelah

Pentingnya Doa Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur, Kebiasaan Berdoa Sebaiknya Dimulai Sejak Kecil

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:23 WIB
header img
Demikian pentingnya berdoa yang terkadang sebagin oran melalaikan. 

Jadi, sudah sepatutnya kita memanjatkan doa ketika sesudah bangun tidur. Adapun bacaan doa sesudah bangun tidur dan artinya:

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah Dia ‘mematikan’ kami, dan kepada-Nyalah kami dikembalikan.”

Tidak hanya berdoa, Rasulullah SAW juga mengajarkan umatnya untuk melakukan adab-adab sesudah bangun tidur, yaitu: duduk dan mengusap wajah, membaca 10 ayat terakhir surah Ali Imran, mencuci tangan, membersihkan hidung, bersiwak atau menggosok gigi, dan berwudhu. 

3. Keutamaan Berdoa Sebelum Tidur

Anjuran untuk berdoa sebelum tidur dan sesudah bangun tidur bukanlah tanpa alasan. Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan, berikut di antaranya:

Ketika tidur, manusia membutuhkan pertolongan dan pengamanan dari Allah SWT agar terhindar dari mimpi buruk dan tetap bisa bangun keesokan harinya. Maka, Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita berbagai doa dan dzikir sebelum tidur untuk mendapatkan keamanan sepanjang terlelap. 

Selain itu, membaca doa sebelum tidur dapat menjadi benteng bagi manusia untuk terhindar dari perbuatan buruk sebelum tidur.

Hal ini diterangkan dalam hadist yang berasal dari Jabir bin Abdullah, “Apabila manusia berbaring di pembaringannya (akan tidur), malaikat dan syetan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan kebaikan,’ sedangkan syetan membisikan, ‘Akhiri (malam-mu) dengan keburukan.’ Apabila dia berdzikir menyebut nama Allah kemudian tidur, maka malaikat melindungi dia di malam itu.” 

Demikian pentingnya berdoa yang terkadang sebagin orang melalaikannya. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut