get app
inews
Aa Read Next : Oli Evalube Berbagi Kebaikan di Bulan Ramadan 1445 Hijriah

HIKMAH JUMAT : Jangan Mau Kalah oleh Toko Sebelah

Jum'at, 23 Februari 2024 | 05:38 WIB
header img
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan bagi siapa saja yang mau meraih keberkahan itu. (Foto: Ist)

Penulis : Dr. Abidin, S.T., M.Si. -- Dosen Universitas Buddhi Dharma; Ketua Umum Yayasan Bina Insan Madinah Catalina; Ketua PDM Pagedangan Kab. Tangerang

RAMADHAN tinggal menghitung hari. Tak lama lagi bulan suci itu akan datang menjumpai kita. Tentu kita berharap agar kita semua masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk dapat merasakan indahnya beribadah di bulan suci Ramadhan tahun ini.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan bagi siapa saja yang mau meraih keberkahan itu. Saking berkahnya, kedatangan bulan suci Ramadhan tidak hanya disambut dengan suka cita oleh umat Islam, bahkan orang-orang non muslim pun turut bergembira.

Demikian pula dengan para pengusaha pemilik toko sebelah, mereka saat ini, bahkan sudah dari beberapa waktu lalu, sudah memajang berbagai sirup aneka warna dan rasa. Ada yang merah, hijau, kuning, ada juga yang putih, dengan berbagai merek.

Keberkahan Bulan Ramadhan 

Tidak hanya sirup, tetapi biskuit aneka rasa, sarung aneka motif, hingga baju koko dan perlengkapan ibadah umat Islam turut dipajang jauh-jauh hari sebelum Ramadhan datang. Aneka penawaran diskon dan hadiah pun turut ditawarkan.

Pemilik toko sebelah berharap agar bisnisnya lancar dan berjaya di bulan suci Ramadhan. Itulah definisi keberkahan yang ada di dalam pikiran para pemilik toko sebelah. Mereka begitu sigap mempersiapkan diri untuk meraih keberkahan di bulan Ramadhan.

Bagaimana dengan kita umat Islam? Apakah sudah mempersiapkan diri untuk meraih berkah di bulan Ramadhan? Dua pertanyaan yang menggelitik sekaligus bisa jadi merupakan auto kritik bagi kita umat Islam sang pemilik sejati bulan suci Ramadhan.

Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan, jangan sampai kita tidak memperoleh kebaikan satu pun dari bulan suci Ramadhan. Kita harus berusaha dengan sungguh-sungguh, agar keberkahan Ramadhan dapat kita raih. Baginda Rasulullah SAW bersabda:

“Sungguh telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah mewajibkan kepada kamu sekalian untuk berpuasa. Pada bulan itu pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka Jahanam dikunci, dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka siapa yang tidak berusaha untuk mendapatkan kebaikannya, maka luputlah semua kebaikannya.” (HR. Muttafaq ‘Alaih).


Dr. Abidin, S.T., M.Si. (Foto : iNewsSerpong)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut