Logo Network
Network

Bumi Diambang Kiamat, Ilmuwan MIT Jelaskan Tandanya

Ahmad Muhajir/NET iNewsSerpong
.
Rabu, 24 Agustus 2022 | 09:28 WIB
Bumi Diambang Kiamat, Ilmuwan MIT Jelaskan Tandanya
Ilmuwan MIT jelaskan Bumi diambang kiamat begini tandanya (Foto : Live Science)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kepunahan massal yang keenam di bumi sudah menunjukkan tanda-tanda. Ilmuwan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) sedang mendalami gejala kepunahan massal.

Ilmuwan MIT mengatakan bahwa perubahan iklim mendorong umat manusia ke ambang kehancuran. Hingga saat ini setidaknya lima kepunahan massal telah terjadi di Bumi, didorong oleh fenomena alam dan kosmik.

Para ilmuwan memperikarakan fenomena kepunahan massal ini memusnahkan hingga 99,9 persen dari semua kehidupan, tumbuhan dan hewan di Bumi.

Siklus Karbon Global

Kepunahan massal terakhir, yang disebut dengan Kepunahan Tersier Kapur, terjadi sekitar 66 juta tahun yang lalu ketika asteroid pembunuh menghantam planet ini di lepas pantai Meksiko.

Kepunahan Tersier Kapur ini mengakhiri masa kehidupan dinosaurus, sekaligus memusnahkan hingga 75 persen dari semua kehidupan di Bumi pada saat itu.

Banyak ilmuwan khawatir nasib serupa bisa terjadi di masa depan, dan yang lebih mengkhawatirkan, manusia mungkin memiliki andil dalam kematian planet ini.

Menurut ahli geofisika MIT, Daniel Rothman, aktivitas manusia berpotensi mengganggu siklus karbon global dan memicu bencana ekologis selama 10.000 tahun.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini