get app
inews
Aa Read Next : Jangan Anggap Enteng, Kentut Bau Busuk Bisa Jadi Gejala Kanker Loh!

Bikin Tak Percaya Diri, Ini 3 Cara Mengobati Mata Bintitan

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 22:23 WIB
header img
Ilustrasi mata

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Inilah cara mengobati mata bintitan. Kondisi mata bintitan merupakan sebuah penyakit berupa benjolan kecil yang menyerupai bisul atau jerawat pada kelopak mata.

Beberapa orang mungkin pernah mengalami mata bintitan. Hal ini tidak hanya membuat penderitanya tak percaya diri, tetapi bintitan juga kerap menimbulkan rasa tidak nyaman di bagian mata. 

Meskipun kerap dianggap sepele, mata bintitian ternyata dapat memicu infeksi bakteri pada bagian tubuh lainnya, lho! Nah, sebelum membahas cara mengobati mata bintitan, Anda perlu mengetahui penyebabnya.

Mata bintitan terjadi akibat infeksi bakteri yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus. Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan infeksi, seperti kurang menjaga kebersihan tangan, tidak membersihkan riasan mata dengan baik, memakai lensa kontak yang tidak bersih, mengalami blefaritis, hingga mengidap penyakit rosacea.

Pada umumnya, bintitan pada mata bisa membaik dengan sendirinya. Namun, ada beberapa perawatan yang perlu Anda lakukan secara mandiri di rumah.

Sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi atau mengobati mata bintitan. Berikut cara mengobati mata bintitan, seperti dirangkum pada Kamis (25/8/2022).

1. Kompres hangat 

Cara mengobati mata bintitan di urutan pertama, adalah menggunakan air hangat. Caranya, kompres mata Anda dengan air hangat. Cara ini membantu cairan atau nanah pada bintitan cepat keluar secara alami. Hal ini membuat bintitan menjadi lebih cepat pulih.

2. Kompres kantong teh hangat

Teh hitam dipercaya bersifat antibakteri, sehingga bisa membantu meredakan infeksi bakteri yang menjadi penyebab bintitan. Sebab itu, menggunakan kantong teh bisa menjadi cara mengobati mata bintitan.

Langkahnya cukup sederhana, yakni cukup dengan menyiapkan air hangat dan kantong teh hitam. Kemudian, celupkan teh seperti proses pembuatan teh. Setelah teh direndam satu menit di dalam air hangat, keluarkan kantong teh dan peras kantong teh agar tidak ada air yang menetes.

Kemudian, letakkan kantong teh pada bagian mata yang mengalami bintitan selama lima hingga sepuluh menit. Kompres sebanyak dua kali dalam satu hari agar peradangan dan pembengkakan dapat membaik.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut