get app
inews
Aa Read Next : Serangan AS dan Inggris Meningkat, 47 WNI di Yaman Masih Aman

7 Dekade Berkuasa, Ini Sumber Kekayaan Ratu Elizabeth II

Jum'at, 09 September 2022 | 09:40 WIB
header img

JAKARTA,iNewsSerpong.idRatu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun di Istana Balmoral, Britania Raya

Banyak orang penasaran seberapa besar warisan yang ditinggalkan Ratu Elizabeth II kepada Pangeran Charles selama  7 Dekade terakhir sebagai ratu Inggris.

Sumber kekayaan keluarga Kerajaan Inggris menarik untuk diketahui. Kekayaan ini akan diwariskan pasca meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022). Ratu Elizabeth II telah berkuasa selama 70 tahun sejak 6 Februari 1952. Pada 2016 kekayaan bersih Ratu Elizabeth II diperkirakan mencapai USD442,92 juta setara Rp6,59 triliun (kurs Rp14.890 per USD).

Sepanjang Kekuasaannya
Kekayaan Ratu Elizabeth II ini berasal dari pajak dan dua sumber pendapatan tambahan. Dapat disebut jika kekayaan Ratu Elizabeth II jauh lebih banyak daripada anggota Keluarga Kerajaan Inggris lainnya, termasuk Duke dan Duchess dari Sussex yang memiliki kekayaan sebesar USD30 juta atau Rp446,7 miliar.

Melansir Business Insider, Jakarta, Jumat (9/9/2022), berikut ini adalah sumber kekayaan keluarga kerajaan Inggris.

1. Sovereign Grant

Setiap tahunnya, Ratu Elizabeth II mendapatkan sejumlah kekayaan dari pembayar pajak yang disebut Sovereign Grant. Sejumlah kekayaan itu berasal dari perbendaharaan dan didanai oleh pembayar pajak.

Terdapat kesepakatan yang sudah lama disetujui yaitu Ratu berhak mendapatkan sejumlah kekayaan sebagai imbalan atas menyerahkan semua keuntungan dari Crown Estate, sebuah perusahaan properti keluarga Kerajaan. Setiap tahun, Ratu Elizabeth II mendapatkan sejumlah uang yang setara dengan 25% keuntungan dari Crown Estate.

Sovereign Grant mengeluarkan uang sebesar USD107,1 juta atau Rp1,59 triliun pada tahun 2019 lalu kepada Ratu. Sebagai informasi, Sovereign Grant membayar untuk perjalanan keluarga, pemeliharaan istana & utilitas, dan gaji pegawai Kerajaan.

2. Penghasilan Pribadi

Kekayaan Kerajaan Inggris juga berasal dari Privy Purse, yang merupakan penghasilan pribadi Ratu. Uang itu berasal dari Duchy of Lancaster, sebuah tanah dan aset lainnya yang telah ada di keluarga Kerajaan selama ratusan itu.

Aset ini memiliki nilai sebesar USD715 juta atau Rp10,64 triliun. Sebidang tanah seluar 18.433 hektar ini terdiri dari properti perumahan, komersial, dan pertanian.

Pada tahun 2019, Privy Purse menghasilkan USD27 juta atau Rp402 miliar. Menurut laman Keluarga Kerajaan Inggris, jumlah ini membantu pembiayaan dari Sovereign Grant.
3. Aset Berharga

Tidak hanya itu, Ratu juga memiliki aset berharga lainnya yang menambahkan pundi-pundi kekayaan. Seperti memiliki Balmoral dan Sandringham Estates koleksi seni yang besar dan aset berharga lainnya yang telah diturunkan dari raja sebelumnya.

Masih banyak juga nilai aset yang sulit untuk diperkirakan harganya. Seorang pakar keuangan Kerajaan mengatakan kepada The Journal bahwa anggota keluarga Kerajaan adalah "jutawan, bukan miliarder."

Pada 2016, The Sunday Times memperkirakan kekayaan bersih Ratu Elizabeth II sebesar USD442,92 juta atau Rp6,59 triliun.(*)

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut