Logo Network
Network

The Fed Rencana Naikkan Suku Bunga, Rupiah Terkulai Nyaris Tembus Rp15.000 per USD

Viola Triamanda
.
Selasa, 20 September 2022 | 18:19 WIB
The Fed Rencana Naikkan Suku Bunga, Rupiah Terkulai Nyaris Tembus Rp15.000 per USD
Rupiah Ditutup Nyaris Rp15.000 per USD, Ini Biang Keroknya (Foto: MNC Media).

 

Dengan demikian, jika terjadi risiko akibat reformasi tersebut masih dapat diredam dengan fleksibilitas APBN.

Selain itu, survei pemantauan harga yang dilakukan Bank Indonesia (BI) pada minggu III September 2022 menunjukkan, perkembangan inflasi sampai dengan minggu ketiga September 2022 diperkirakan inflasi sebesar 1,09% (mtm). 

Sedangkan penyumbang inflasi, yaitu bensin sebesar 0,91% (mtm), angkutan dalam kota sebesar 0,04% (mtm).

Kemudian, lanjutnya, angkutan antarkota, telur ayam ras, dan beras masing-masing sebesar 0,02% (mtm), serta rokok kretek filter dan bahan bakar rumah tangga (BBRT) masing-masing sebesar 0,01% (mtm). 

"Ke depan, BI akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait dan terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut" ucapnya. 

Sementara itu, dijelaskan Ibrahim, pengaruh eksternalnya adalah dolar tetap berada di bawah level tertingginya karena investor bersiap atas kemungkinan kenaikan suku bunga yang agresif oleh The Fed untuk mengendalikan inflasi yang semakin memanas.

"Bank sentral AS secara luas diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin bps pada hari Rabu," katanya. 

Bahkan para pelaku pasar juga memperkirakan kemungkinan kenaikan mengejutkan sebesar 100 basis poin. Ekspektasi untuk kenaikan tajam oleh The Fed diperkuat setelah data pekan lalu menunjukkan inflasi AS mendekati level tertinggi 40 tahun pada Agustus. 

Ibrahim memprediksi, untuk perdagangan besok, mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif, namun ditutup melemah direntang Rp14.970-Rp15.020.(*) 

 

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini