Logo Network
Network

Terungkap, Ini Menu-Menu Masakan Padang yang Memicu Asam Urat

Vien Dimyati
.
Rabu, 28 September 2022 | 19:45 WIB
Terungkap, Ini Menu-Menu Masakan Padang yang Memicu Asam Urat
Hindari makanan yang yang memicu asam urat (Foto: Instagram @eunice_euston)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sudah menjadi hal umum jika masakan Padang memiliki rasa yang lezat. Ayam bakar, rendang, hingga gulai tunjang memiliki kelezatan berbeda.

Namun, di Balik dari kelezatan tersebut ada berbagai risiko penyakit yang mengintai. Salah satunya asam urat.

Guru besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas (Unand) Padang, Prof Rina Yenrina mengatakan, sejumlah masakan Padang memiliki kadar purin yang tinggi, sehingga dapat memicu asam urat atau hiperurisemia. 

"Masakan khas Minang pada umumnya mengandung protein tinggi, hal ini diduga dapat meningkatkan purin yang menyebabkan kadar asam urat dalam darah berlebih," kata Prof Rina Yenrina dikutip melalui Antara, Senin (26/9/2022). 

Rina menjelaskan, purin berasal dari bahan makanan yang dikonsumsi, berfungsi sebagai pembentuk asam nukleat bersama nukleotida pirimidin guna membantu metabolisme zat gizi dalam tubuh. 

Akan tetapi, menurutnya, jika manusia mengonsumsi bahan pangan yang mengandung purin tinggi, akan meghasilkan asam urat yang tinggi dalam darah. 

"Jika melampaui daya larut akan terbentuk kristal urat yang disebut tofi, kemudian mengendap di ruang sendi sehingga memicu penyakit radang sendi atau arthritis gout," ujarnya. 

Rina menambahkan, prevalensi penyakit yang disebabkan asam urat di Indonesia pada penduduk usia di bawah 34 tahun mencapai 32 persen dan usia di atas 34 tahun sebanyak 68 persen. 

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini