get app
inews
Aa Read Next : Setan Dibelenggu Saat Bulan Ramadhan tapi Kenapa Masih Ada Maksiat, Begini Penjelasan Disertai Dalil

5 Cara Mengusir Jin dari Tubuh Manusia, Waspada Gangguan Jin Bisa Terjadi Kapan Saja

Minggu, 09 Oktober 2022 | 17:30 WIB
header img
Cara Mengusir Jin dari Tubuh Manusia. Proses Ruqyah atau mengusir jin dari tubuh manusia oleh Ustaz Muhammad Faizar (Foto: Youtube Muhammad Faizar)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Gangguan dari jin bisa terjadi kapan saja dan dapat sangat mengganggu ketenangan hidup.  Cara mengusir jin dari tubuh manusia secara islam penting untuk diketahui.

Al Quran sebagai kitab suci yang tidak diragukan lagi kebenarannya memuat ayat-ayat yang diyakini dapat menghilangkan jin atau sihir dari dalam tubuh.

Selain ayat-ayat Al Quran, ada juga doa dan cara khusus khusus yang diyakini bisa mengusir jin dari dalam tubuh seseorang atau untuk menghindarinya. 

Menjaga Shalat Fardhu

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menghindari  adalah dengan senantiasa menjaga shalat fardhu, terutama sholat subuh. Hal itu sebagaimana riwayat atau hadits yang berbunyi demikian:

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang mendirikan shalat shubuh, maka ia berada di dalam jaminan perlindungan Allah” (HR. Muslim). 

Dari hadits tersebut, jelas dikatakan bahwa barangsiapa yang menjaga sholat subuhnya, maka ia akan mendapat perlindungan dari Allah atas gangguan setan atau jin yang dalam tubuh.

Jika menjaga sholat adalah cara untuk menghindari gangguan, lantas bagaimana cara untuk mengusir jin yang sudah ada dalam tubuh? Berikut ini adalah beberapa doa mujarab yang bisa diamalkan.

5 Cara Mengusir Jin dari Tubuh Manusia:

1. Membaca Surat Al Baqarah

Cara menghilangkan sihir dari dalam tubuh salah satunya adalah dengan membaca Surah Al Baqarah. Melansir laman Muslim, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda mengenai khasiat Surah Al Baqarah yang dapat menangkal sihir.

"Bacalah Surah Al-Baqarah! Karena sesungguhnya mengambilnya (membacanya) adalah barakah dan meninggalkannya adalah penyesalan (kerugian), dan sihir tidak akan mampu menghadapinya." (HR. Muslim)

2. Membaca Surah Al Muawwidzat (Al Falaq dan An Nas)

Doa kedua untuk menghilangkan sihir dalam tubuh adalah Surah Al Muawwidzat, yakni surah Al Falaq dan An Nas. Keduanya adalah surah penutup dalam Al Quran dan memiliki keutamaan serta fadhilah yang agung.

Surat ini dapat dijadikan pelindung dari godaan setan, sihir, bahkan untuk menghindari kejahatan manusia. Melansir dari laman Tafsir Al Quran, dua surah ini bisa dijadikan sebagai penjagaan sekaligus obat.

Hal itu diterangkan oleh Wahbah Az Zuhaili dalam Tafsir al-Munir. Pandangan tersebut disandarkan pada hadis dari Aisyah tentang kebiasaan Rasulullah membaca surah al-Ikhlas, surah al-Falaq dan surah an-Nas sebelum tidur.

عن عائشة أن النبى – صلى الله عليه وسلم – كان إذا أوى إلى فراشه كل ليلة جمع كفيه ثم نفث فيهما فقرأ فيهما (قل هو الله أحد) و (قل أعوذ برب الفلق) و (قل أعوذ برب الناس) ثم يمسح بهما ما استطاع من جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلَّاتٍ َ

Artinya: Dari Aisyah ra bahwasanya nabi Muhammad saw jika pergi ke tempat tidur beliau setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangan beliau, kemudian beliau meniupkan dalam terbukanya dan membaca surah al-Ikhlas, surah al-Falaq dan surah an-Nas. Kemudian dengan kedua telapak tangan tersebut, beliau mengusap tubuh beliau, dimulai dari kepala dan wajah serta anggota tubuh lainnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali. (HR. Bukhari).

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut