10 Orang Terkaya Singapura, Ada yang Lahir dan Keturunan Indonesia

Dinar Fitra Maghiszha
.
Senin, 10 Oktober 2022 | 08:19 WIB
10 orang terkaya Singapura, ada yang lahir dan keturunan Indonesia

SINGAPURA, iNewsSerpong.id - Forbes pada bulan lalu merilis daftar terbaru 50 orang terkaya di Singapura. Di antara orang kaya dalam daftar tersebut ternyata ada yang lahir maupun keturunan Indonesia

Orang terkaya Singapura yang cukup dikenal publik ini lantaran memimpin perusahaan di aneka sektor seperti properti, konsumsi, kesehatan, industri, hingga energi. Berdasarkan data yang dirilis Forbes pada September 2022 lalu, berikut 10 orang terkaya di Singapura:

1. Li Xiting

Li Xiting adalah orang terkaya di Singapura, dengan total kekayaan September sebesar 15,6 miliar dolar AS. Dia adalah pendiri dan pemimpin dari Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics, sebuah perusahaan penyedia perangkat medis.

2. Robert dan Philip Ng

Robert dan Philip Ng merupakan pendiri pengembang properti swasta terbesar di Singapura. Kedua konglomerat ini menduduki urutan kedua orang terkaya di Negeri Singa.

Mereka adalah pemimpin Sino Group, raksasa properti terkemuka Hong Kong. Perusahaan ini merupakan bekas peninggalan ayah mereka, Ng Teng Fong, yang pindah dari China ke Singapura pada 1934, yang kemudian dikenal sebagai The King of Orchard Road. Kekayaan Ng bersaudara pada September mencapai 15,2 miliar dolar AS. 

3. Goh Cheng Liang

Goh Cheng Liang adalah orang terkaya ketiga Singapura yang meraup pundi-pundi cuan dari bisnis manufaktur. Pria ini merupakan pendiri Wuthelam Holdings, yang memproduksi cat.

Melalui perusahaannya itu, distribusi produk utama perusahaan mengalir ke Nippon Paint, yang merupakan produsen cat terbesar keempat di dunia. Kekayaan Goh Cheng Liang pada September tercatat sebesar 13 miliar dolar AS. 

4. Eduardo Saverin

Eduardo Saverin merupakan seorang warga asal Brazil yang tinggal di Singapura. Dia adalah salah satu co-founder dari Facebook bersama Mark Zuckerberg.

Eduardo adalah seorang 'angel investors' yang mendapatkan keuntungan dari aktivitas pasar ekuitas, di mana dirinya memiliki 53 juta saham Facebook (2012). Hingga kini, kekayaan Eduardo mencapai 9,6 miliar dolar AS.

5. Kwek Leng Beng

Kwek Leng Beng masuk dalam kategori konglomerat Singapura, dengan kekayaan sebesar 9,3 miliar dolar AS. Pria kelahiran 1941 ini merupakan Executive Chairman dari konglomerasi Hong Leong Group, yang didirikan oleh ayahnya pada 1941. Kwek juga chairman City Developments, salah satu raksasa pengembang properti di Singapura.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini