get app
inews
Aa Read Next : Melamun Dapat Jutaan Rupiah, Lomba ala Summarecon Mall Serpong

Sering Melamun? Ternyata Ini 4 Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

Selasa, 11 Oktober 2022 | 10:12 WIB
header img
Ilustrasi melamun (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Setiap orang pasti pernah melamun ketika sendirian atau sedang bersama orang lain. Rupanya, melamun tidak sepenuhnya buruk, lho!

Sebab, ternyata melamun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan mental. Nah, apa hubungannya dengan kesehatan mental?

Berdasarkan data kesehatan yang dipublikasikan oleh Walden University, menyebut bahwa melamun terbukti bermanfaat mengurangi stres dan kecemasan yang berpengaruh terhadap kesehatan mental. 

Lalu, apa saja manfaat melamun bagi kesehatan mental? Berikut ulasannya, dikutip dari Verywellmind, Senin, (10/10/2022).

Membantu menemukan tujuan hidup 

Pikiran yang tak tentu arah saat melamun terkadang justru dapat memicu motivasi seseorang untuk menentukan masa depannya.

Namun, tidak semua lamunan bisa membantu mencapai tujuan. Kalau lamunan yang tidak terstruktur namun cenderung ke fantasi, justru malah bisa membuat Anda semakin jauh dari realitas. 

Lamunan yang membantu mencapai tujuan adalah lamunan terstruktur. Tepatnya, ketika Anda melamunkan apa-apa yang bisa dilakukan untuk mencapai tujuan atau goal dalam kehidupan. 

Membayangkan atau melamun tentang salah satu tujuan kehidupan akan memicu Anda untuk memikirkan langkah-langkah yang akan diambil, cara untuk tetap termotivasi, dan cara mengatasi rintangan.

Memperluas kreativitas

Melamun ternyata memiliki hubungan dengan tingkat kreativitas seseorang. Sebab, dengan melamun Anda akan terus menelusuri masalah yang kompleks. 

Biasanya dari lamunan justru bisa memunculkan ide-ide baru, tepatnya ketika Anda tidak terlalu fokus kepada masalah.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut