get app
inews
Aa Read Next : Kuah Asam Pedas Gugah Selera, ini Resep Palumara Khas Makassar

10 Kayu Termahal di Dunia, Nomor 7 dari Makassar

Jum'at, 21 Oktober 2022 | 09:59 WIB
header img
Gaharu, salah satu kayu termahal di dunia. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Kayu dikenal karena kemudahan dalam penggunaan, keserbagunaannya, dan harganya yang murah untuk furniture rumah tangga. Namun ternyata ada kayu yang harganya mahal

Kayu menjadi mahal harganya karena kualitasnya, estetika yang menarik dan kelangkaannya. Bahkan, beberapa di antaranya memiliki harga yang sangat mahal.

Dikutip dari Wealthy Gorilla, berikut 10 kayu termahal di dunia per board feet atau papan kayu:

10. Cocobolo

Harga: Rp853.899 per papan kayu

Cocobolo kayu keras tropis ditemukan di Amerika Tengah dan termasuk dalam genus Dalbergia, dengan pohon rata-rata tumbuh setinggi 24 meter dan berdiameter 1 meter.
Dari sebagian besar pohon, hanya kayu inti yang digunakan untuk furnitur, alat musik, gagang pisau, gagang senjata, dan berbagai macam barang lainnya.

Kayu teras ini memiliki warna cokelat kemerahan, dengan jejak lebih gelap di antara kayu dan menambahkan tekstur. 
Cocobolo mengandung interior berminyak yang memberikan aroma bunga, dan karena kayu mahal ini semakin gelap seiring bertambahnya usia, garis-garis hitam dan ungu tambahan muncul dengan sendirinya.

Berbagai alat musik yang terbuat dari cocobolo, termasuk obo, seruling, dan klarinet. Kayu ini sangat populer di kalangan gitaris yang mencari kayu dengan warna cerah dan resonansi yang lebih dalam.

9. Ziricote

Harga: Rp931.527 per papan kayu

Kayu langka lainnya dari Amerika Tengah adalah ziricote, yang berasal dari Meksiko selatan dan merupakan kayu terberat dari spesies Cordia. Ziricote pernah dianggap sebagai kayu yang sangat langka tetapi sejak itu mengalami peningkatan produksi.

Kayu ini memiliki warna cokelat tua unik yang populer untuk furnitur kayu mahal, alat musik, dan sentuhan dekoratif di sekitar rumah, termasuk balok, trim dan pintu masuk. Kayu ini digunakan untuk perkakas tangan dan perkakas mesin.

Pola jaring laba-laba menjadikannya kayu ini menarik secara visual di mana pun digunakan. Selain instrumen dan dekorasi interior, kayu ini juga digunakan untuk senjata dan bahkan pelapis di mobil mewah.

8. Koa 

Harga: Rp962.578 per papan kayu

Kayu dari pohon koa ini telah digunakan selama berabad-abad dan dapat ditemukan tumbuh di hutan tropis pulau Hawaii. Sementara pohon koa dapat ditemukan dalam jumlah yang relatif besar, hanya pohon mati atau membusuk yang ditemukan di lahan publik yang dapat dipanen, sehingga menjadikannya kayu yang berharga bagi pembuat instrumen berkualitas tinggi dan pengrajin.

Alat musik paling populer yang terbuat dari koa adalah gitar dan ukulele, dengan produsen gitar legendaris Fender menciptakan versi edisi terbatas dari gitar Telecaster dan Stratocaster mereka dari kayu koa.

Selain membuat alat musik dari koa, pengrajin menggunakan kayu berwarna unik ini untuk perabotan halus, kerajinan kecil dan pelapis dekoratif, membuat pola rumit yang sebanding dengan beberapa koin paling mahal yang tersedia. Kayunya menawarkan perpaduan warna merah dan emas, memberikan penampilan yang lebih hidup daripada beberapa kayu lainnya. 

7. Eboni Makasar  

Harga: Rp1 juta per papan kayu

Kayu eboni Makassar dapat ditemukan di Indonesia dan memiliki kayu teras berwarna gelap beraneka ragam dengan garis-garis cokelat dengan garis-garis lebar yang menampilkan sedikit warna kuning dan merah-cokelat.  

Kayu eboni Makassar memiliki kepadatan kayu yang sangat tinggi dengan lapisan yang mencolok, yang cocok untuk lemari dan alat musik kelas atas, dan juga merupakan kayu yang populer untuk digunakan sebagai tongkat biliar.

Kayu ini dinamai dari kota Makassar di Indonesia. Kayu eboni Makassar memiliki hubungan dekat dengan Jepang, yang pernah menjadi importir terbesar bahan mentah ini. Mereka menggunakannya untuk rumah tradisional Jepang serta untuk fingerboard pada beberapa gitar termahal di dunia. Kayu eboni bergaris halus yang indah terkadang dapat digunakan untuk barang-barang genggam seperti kotak perhiasan, tongkat jalan, dan gagang perkakas.

6. Rosewood Brasil 

Harga: 1,09 juta per papan kayu

Kayu ini tumbuh di hutan tropis basah yang ditemukan di seluruh negeri. Rosewood Brasil berasal dari genus kayu Dalbergia dan merupakan kayu keras yang terkenal karena penampilannya yang bervariasi, mulai dari cokelat tua, ungu tua, dan cokelat kemerahan dengan serat jaring laba-laba yang kontras dan gelap.

Kayu ini juga terkenal karena mudah dikerjakan. Kekuatan dan kekokohan rosewood Brasil menjadikannya kayu yang sangat baik untuk furnitur, dan sifat akustiknya telah membuat banyak orang melihatnya sebagai salah satu kayu terbaik di dunia untuk kotak gitar dan piano.

Sementara pohon-pohon dari mana kayu mahal ini berasal tumbuh hingga ketinggian 40 meter. Namun pembalakan liar yang berlebihan telah menyebabkan pohon ini dimasukkannya dalam daftar spesies terancam punah pada 1992.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut