get app
inews
Aa Read Next : KPU Resmi Tetapkan DPT Pemilu 2024 sebanyak 204 Juta di 38 Provinsi 128 Negara

10 Negara dengan Pengguna Angkutan Umum Terbanyak di Dunia

Minggu, 23 Oktober 2022 | 09:35 WIB
header img
Negara dengan pengguna angkutan umum terbanyak di dunia (Foto: Getty Images)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Inilah 10 negara dengan pengguna angkutan umum terbanyak di dunia. Angkutan umum memang menjadi moda transportasi utama di beberapa wilayah di dunia.

Dominasi angkutan umum di suatu negara dipengaruhi oleh biaya kepemilikan kendaraan, efisiensi jaringan transportasi, ketersediaan infrastruktur transportasi, dan serta kebijakan pemerintah setempat. Satu wilayah yang sebagian besar penduduknya menggunakan transportasi umum adalah Hong Kong.

Dilansir iNews.id dari Worldatlas, Sabtu (22/10/2022), 80% populasi penduduk lebih memilih moda transportasi umum. Mengingat Hong Kong sangat padat, pemerintah melarang penggunaan kendaraan pribadi dengan memungut pajak yang tinggi atas kendaraan impor dan biaya parkir. 

Namun, Hong Kong bukanlah negara berdaulat melainkan Daerah Administratif Khusus China. Lantas, mana saja negara dengan pengguna angkutan umum terbanyak di dunia?

Sebagian besar negara dengan pengguna angkutan umum terbanyak ternyata bukanlah negara yang memiliki sistem layanan transportasi maju seperti Jepang atau Inggris. Berikut ini adalah daftarnya:

10 Negara dengan Pengguna Angkutan Umum Terbanyak di Dunia:

1. Kenya

Kenya adalah salah satu negara termaju di Benua Afrika. Sekitar 63% penduduk negara menggunakan transportasi umum. Dominasi pemakaian angkutan umum di Kenya disebabkan oleh tingginya biaya kepemilikan kendaraan, biaya bahan bakar, dan jalan yang belum berkembang.

Terlebih, Nairobi sebagai ibukota telah mengalami kemacetan yang luar biasa. Jalan raya adalah penunjang moda transportasi umum utama. Sebab, kereta api di negara tersebut belum berkembang. Bus dan angkutan umum sejenis adalah kendaraan yang paling banyak digunakan. 

Pada tahun 2017, negara ini meluncurkan layanan kereta api modern pertama untuk mengurangi kemacetan jalan dan biaya transportasi umum.

2. Rusia

Berikutnya, ada Rusia yang menjadi negara dengan pemakai transportasi umum terbanyak di dunia. World Atlas memperkirakan sekitar 57% orang Rusia menggunakan transportasi umum. 

Transportasi umum lebih populer di negara ini karena dianggap lebih murah, cepat, dan memiliki jangkauan luas. Rusia juga memiliki jaringan kereta api, jalan raya, dan jaringan transportasi udara luas.

Mengingat Rusia adalah salah satu negara Adidaya dan memiliki wilayah sangat luas, sistem jalan dan kereta api yang ada juga sangat baik. Terutama yang melayani kota-kota besar termasuk Saint Petersburg dan Moskow. 

Orang-orang Rusia lebih suka bepergian dengan kereta api jarak jauh karena lebih murah dan jauh lebih aman. Selain itu, bus dan trem menjadi transportasi favorit penduduk yang bepergian jarak dekat.

3. Ukraina

Diperkirakan, 56% penduduk Ukraina adalah pengguna transportasi umum. Transportasi di Ukraina didominasi oleh Marshrutka, yakni semacam minibus.

Ada juga transportasi umum metro tram bawah tanah di Kryvyi Rih. Selain itu, angkutan umum yang lebih nyaman adalah trolley bus atau bus gandeng.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut