get app
inews
Aa Read Next : Risma Diprediksi Menjadi Penantang Terkuat Khofifah pada Pilgub Jawa Timur 2024

Nama Nama Kota di Jawa Timur, Salah Satu Terkenal dengan Gadis-nya

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 09:47 WIB
header img
Ikon Kota Surabaya. (istomewa).

SURABAYA, iNewsSerpong.id - Nama nama Kota di Jawa Timur patut diketahui bagi Anda yang ingin menjelajah wilayah Jatim. Sebab, di beberapa kota itu terdapat banyak destinasi wisata hingga aneka kuliner lezat yang menjadi ciri khas kota tersebut.

Layaknya sebuah kota, wilayah-wilayah tersebut juga sudah tertata sedemikian rupa dengan berbagai fasilitas dan infrastrukur memadai. Ada mal, hotel hingga pusat-pusat bisnis yang cukup strategis. 

Berdasarkan catatan, Provinsi Jatim memiliki 38 wilayah atau pemerintahan daerah, terdiri atas 29 kabupaten yang dipimpin oleh seorang bupati serta sembilan kota yang dipimpin oleh wali kota. Lalu, mana saja nama nama kota di Jawa Timur yang perlu diketahui, berikut daftarnya: 

1. Kota Surabaya

Nama kota di Jawa Timur yang satu ini merupakan ibu kota provinsi. Kota Surabaya juga menjadi kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, sekaligus kota megapolitan terbesar di provinsi tersebut. 

Kota Surabaya juga berjuluk Kota Pahlawan. Itu karena pada 10 November 1945 silam pertempuran sengit pecah di kota ini, yakni antara arek-arek Suroboyo dengan sekutu. 

Berdasarkan data Wikipedia, Kota Surabaya memiliki luas sekitar ±335,28 km², dan 2.972.801 jiwa penduduk pada tahun 2022. Sebagai kota besar, Surabaya cukup komplit, karena memiliki bandara internasional Juanda serta pelabuhan Tanjung Perak, penghubung pulau-pulau di Indonesia.  Kuliner khas di Kota Surabaya yakni rujak cingur, lontong balap dan semanggi. 

2. Kota Malang

Kota Malang menjadi kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur (Jatim) setelah Surabaya. Kota ini berjuluk kota pendidikan karena terdapat banyak sekolah dan perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. 

Kota Malang terkenal dengan bahasa prokem walikan, yakni bahasa yang pengucapannya dibalik dari belakang. Kota ini pertama kali didirikan pada masa Pemerintahan Belanda pada tanggal 1 April 1914. Saat itu wali kota pertama yakno E.K Broeveldt. 

Selain pedidikan, Kota Malang juga merupakan kota pariwisata karena alamnya yang menawan yang dikelilingi oleh pegunungan. Kota Malang juga memiliki banyak peninggalan cagar budaya peninggalan Belanda, seperti Gereja Kayutangan yang berarsitektur gotik.

Untuk kuliner, Kota Malang terkenal dengan baksonya. Ada bakso Cak Man hingga Bakso Presiden yang fenomenal hingga saat ini.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut