get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo Unggul dalam Semua Simulasi Capres 2024 di Jawa Timur, Versi Survei Indikator Politik

Nama Nama Kota di Jawa Timur, Salah Satu Terkenal dengan Gadis-nya

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 09:47 WIB
header img
Ikon Kota Surabaya. (istomewa).

3. Kota Batu

Kota Batu terbilang baru di Provinsi Jawa Timur. Sebab, dulunya kota ini menjadi bagian dari Kabupaten Malang. Pada tahun 1993, Batu masih menjadi kota administratif dan baru di tahun 2001 menjadi kota otonom. 

Meski begitu, perkembangan kota ini cukup pesat, terutama destinasi wisatanya. Selain wisata alam yang indah, ada banyak wisata buatan di wilayah perbukitan Malang ini. 

Saking indahnya, Kota Batu juga disejajarkan dengan sebuah negara di Eropa yaitu Swiss dan dijuluki sebagai De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa. Bersama dengan Kota Malang dan Kabupaten Malang, Kota Batu merupakan bagian dari kesatuan wilayah yang dikenal dengan Malang Raya (Wilayah Metropolitan Malang).

4. Kota Pasuruan

Kota Pasuruan terletak 60 km sebelah tenggara Kota Surabaya. Kota Pasuruan relatif kecil dengan hanya empat kecamatan, yakni Bugul Kidul, Purworejo, Panggungrejo dan Gadingrejo. 

Di Kota Pasuruan terdapat banyak industri dan pabrik, sehingga cukup strategis sebagai penyangga wilayah Mojokerto, Sidoarjo dan Kota Surabaya. 

5. Kota Kediri

Kota Kediri merupakan kota tertua yang ada di Jawa Timur, yakni berdiri pada tahun 879. Berdasarkan catatan Wikipedia, pada tahun 2007 ditemukan artefak arkeologi yang menunjukkan bahwa daerah sekitar Kediri menjadi lokasi Kerajaan Kadiri, sebuah kerajaan Hindu-Buddha pada abad ke-11.

Menurut Serat Calon Arang, awal mula wilayah Kediri sebagai permukiman perkotaan dimulai ketika raja Airlangga memindahkan pusat pemerintahan kerajaannya dari istana Kahuripan ke Dahanapura. ("Kota Api") selanjutnya lebih dikenal sebagai Daha. 

Kediri dikenal merupakan pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia. Di kota ini juga terdapat pabrik rokok kretek Gudang Garam. 

Selain itu, Kota Kediri juga terkenal dengan tahu kuning atau tahu poo serta turunannya. Sampai saat ini tahu kuning Kediri menjadi oleh-oleh khas kota ini.

6. Kota Probolinggo

Probolinggo merupakan kota terbesar keempat di Jawa Timur setelah Surabaya, Malang, dan Kediri menurut jumlah penduduk, yakni sebanyak 242.246 jiwa. Kota Probolinggo terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur dan menjadi jalur utama pantai utara yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali. 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut