get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo Unggul dalam Semua Simulasi Capres 2024 di Jawa Timur, Versi Survei Indikator Politik

Nama Nama Kota di Jawa Timur, Salah Satu Terkenal dengan Gadis-nya

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 09:47 WIB
header img
Ikon Kota Surabaya. (istomewa).

7. Kota Mojokerto

Kota Mojokerto termasuk yang paling kecil dibanding dengan kota kota di Jawa Timur lainnya. Sebab, kota yang berbatasan dengan Gresik dan Sidoarjo ini hanya memiliki tiga kecamatan, yakni Kecamatan Magersari, Kranggan dan Prajurit Kulon. 

Menurut catatan sejarah (di akhir Majapahit 1527), Kota Mojokerto dulunya merupakan wilayah Kadipaten Djapan. Karena itu hingga saat ini masih ada tempat bernama Djapan di kota ini.  

8. Kota Madiun

Kota Madiun memiliki banyak julukan, yakni kota pecel, kota pendekar hingga yang paling terkenal dan unik yakni kota gadis. Tapi jangan kecele, julukan ini dipakai bukan karena di wilayah ini terdapat banyak gadis atau perempuannya. 

Julukan itu sejatinya merupakan akronim dari perdagangan, pendidikan dan perindustrian. Sebab, di kota ini terdapat industri perkeretaapian yakni PT INKA. 

Di Kota Madiun ini juga terdapat sekolah tinggi perkeretaapian, yakni salah satunya Politeknik Perkeretaapian Indonesia. Sedangkan julukan kota pecel tak lain muncul karena kuliner nasi pecel yang cukup terkenal. 

9. Kota Blitar

Kota Blitar identik dengan Presiden Soekarno. Sebab, di kota ini presiden pertama Indonesia dimakamkan. Keberadaan makam ini pula yang menjadikan Kota Blitar selalu ramai dikunjungi wisatawan dari luar daerah. 

Selain Presiden Soekarno, Kota Blitar juga terkenal dengan tokoh Pembela Tanah Air (Peta) Soeprijadi. Saat itu dibawah komando Soeparijadi laskar Peta melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945. 

Perlawanan ini pula yang mengilhami timbulnya perlawanan di daerah lain, hingga Indonesia meraih kemerdekaannya. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut