get app
inews
Aa Read Next : Usulan Presidential Club, Gibran: Kami Akan Mintai Pendapat Senior

Menko Marves Luhut Soal KTT G20 Diperkirakan Tak Capai Komunike, Hadapi Situasi Kompleks

Minggu, 13 November 2022 | 03:58 WIB
header img
Situasi Dunia Sedang Ruwet, KTT G20 Diperkirakan Tak Capai Komunike (FOTO: Dok MNC Media)

JAKARTA,iNewsSerpong.id - Kekhawatiran KTTBG20 yidka menghasilkan kominike (pernyataan bersama/komitmen bersama terkait isu-isu global.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan buka suara terkait kekhawatiran pada Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Menurutnya, jika pada perhelatan tersebut tidak menghasilkan komunike para pemimpin negara tidak ada masalah. Hal itu dikarenakan penyelenggaraan KTT G20 di Bali dalam kondisi yang kompleks. 

"Sebenarnya kalo kita jujur belum pernah G20 dalam situasi dunia sekomplek sekarang ini, kalo pada akhirnya tidak melahirkan komunike, leader komunike menurut saya, ya sudah ndak papa," katanya ujar Luhur saat Konfrensi Pers:Sambut G20 yang dipantau secara virtual, Sabtu (12/11/2022).

Meski tidak menghasil komunike pada G20, namun Luhut mengatakan banyak yang dapat dihasilkan dari pertemuan tersebut. 

"Leaders komunike itu sangat penting, tetapi lebih penting lagi yang kongkrit yang bisa kita lihat hasilnya dari pertemuan negara negara anggota g20 ini," katanya. 

Bahkan Luhut menyampaikan, apa yang dihasilkan dari pertemuan tersebut jika dilihat dari segi ekonomi nilainya fantastis. 

"Banyak hal yang saya kira lebih dari 361 titik yang kita hasilkan berbagai macam dan itu bilion of dollars kalau dihitung dari segi perekonomian," katanya. 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut