get app
inews
Aa Read Next : Taklukkan Malaysia, Vietnam Memastikan Diri Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024  

Negara Gurun Kaya Minyak Tuan Rumah Piala Dunia, Inilah Profil Qatar

Senin, 21 November 2022 | 08:27 WIB
header img
Qatar kini dihiasi gedung-gedung pencakar langit yang mewah. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Qatar kini menjadi perbicangan hangat pecinta sepak bola di seluruh dunia. Qatar menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Sejarah negara ini pun turut menjadi perhatian publik. Lantas, seperti apa sejarah negara yang dikenal sebagai penghasil minyak bumi terbesar di dunia tersebut? 

Qatar mendeklarasikan kemerdekaan pada 3 September 1971. Perjanjian sebelumnya dengan Inggris diganti dengan perjanjian persahabatan. Pada bulan yang sama Qatar menjadi anggota Liga Arab dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

Selama 1990-an Qatar setuju mengizinkan pasukan militer Amerika Serikat (AS) menempatkan peralatan di beberapa lokasi seluruh negeri dan memberi mereka penggunaan lapangan terbang Qatar selama operasi AS di Afghanistan pada 2001. 

Perjanjian ini dimulai pada 2002, dan Qatar menjadi markas besar Amerika dan operasi militer sekutu di Irak pada tahun berikutnya.

Meningkatnya permintaan gas alam mendorong ekonomi ke ketinggian baru dalam dekade pertama abad ke-21. Memiliki dana melimpah Qatar mengangkat dirinya dari ketidakjelasan ke posisi yang lebih menonjol di Timur Tengah. 

Pemerintah Qatar banyak berinvestasi dalam pembangunan dengan fokus khusus pada proyek budaya bergengsi, termasuk museum dan kampus ekstensi untuk universitas asing. Qatar juga berusaha menumbuhkan reputasi keterbukaan dan kemandirian politik.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut