get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Semuanya akan Berlalu

HIKMAH JUMAT : Kunci Kebahagiaan

Jum'at, 02 Desember 2022 | 04:15 WIB
header img
Kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang tidak pernah bersyukur. (Foto : Ist)

“Jadi, munculnya kegelisahan hati karena kita sibuk mencari sesuatu yang tidak kita miliki, sementara kita tidak pernah mensyukuri 99 anugerah yang sudah kita miliki.” lanjut sang penasihat.

Raja pun terhenyak dan sadar akan kesalahannya.

“Ya benar. Inilah jawaban atas kegelisahanku selama ini.” kata sang Raja.

"Aku kurang mensyukuri segala anugerah yang sudah aku terima sampai saat ini!" lanjut sang Raja.

Akhirnya, sang Raja pun gembira dan menjadi bahagia karena sudah menerima jawaban atas kegelisahannya selama ini.

*****

Kisah penuh hikmah di atas memberi pelajaran yang sangat berharga bagi kita bahwa kita sering lupa mensyukuri segala sesuatu yang sudah kita terima dan miliki saat ini. Kita malah lebih fokus kepada yang belum kita miliki.

Sikap inilah yang kemudian menimbulkan kegelisahan, hidup menjadi tidak tenang dan ujung-ujungnya hidup merasa tidak bahagia. Padahal, kebahagiaan tidak akan pernah datang kepada mereka yang tidak pernah bersyukur.

Allah SWT berfirman: Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim [14]: 7)  

Bersyukur tidak hanya dilakukan ketika kita mendapatkan anugerah berupa harta atau kekayaan yang banyak, namun wajib dilakukan dalam segala keadaan. Sekecil apa pun nikmat yang dianugerahkan Allah kepada kita, wajib kita syukuri. Jika dengan nikmat yang kecil saja kita mampu bersyukur, terlebih lagi tatkala kita mendapatkan nikmat yang besar.

Baginda Rasulullah SAW mengingatkan dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah RA: “Kaya bukanlah diukur dengan banyaknya harta atau kemewahan dunia, namun kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Namun demikian, sikap bersyukur atas segala anugerah yang Allah SWT berikan adalah pilihan yang Allah SWT berikan kepada hamba-Nya.

Allah SWT berfirman: “Dan barang siapa bersyukur, maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri, dan barang siapa yang kufur (tidak bersyukur), maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya (tidak membutuhkan sesuatu) lagi Maha Mulia.” (QS. An-Naml [27]: 40). (*)


Keluarga bahagia. Kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup. (Foto : Ist)

  

Wallahu a’lam bish-shawab.

          

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut