get app
inews
Aa Read Next : TNI Lumpuhkan Pelaku Penembakan Pesawat Wings Air di Yahukimo, Satu Ditembak Mati 

Kuala Kencana Sebuah Kawasan Modern Bergaya Eropa di Papua, Indah dengan Suasana Asri

Rabu, 04 Januari 2023 | 15:44 WIB
header img
Kuala Kencana dikenal sebagai kawasan modern bergaya Eropa di Papua kerap menjadi daya tarik wisatawan. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Walau berada di ujung timur Indonesia siapa sangka terdapat kawasan modern di Papua, memiliki pemandangan kota bergaya Eropa. Namanya Kuala Kencana sebuah kawasan unik di Mimika yang  indah dengan  suasana asri.

Kawasan unik tersebut tepatnya berada di Kuala Kencana Timika. Wilayah yang lebih dikenal sebagai kota modern bergaya Eropa di Papua ini kerap menjadi daya tarik wisatawan untuk dikunjungi.

Penasaran Kota Modern

Pasti penasaran seperti apa keunikan dari kawasan Kuala Kencana? Berikut rangkumannya. 

Kawasan unik ini bernama Kuala Kencana terletak di Kabupaten Mimika, Papua. Kawasan ini diresmikan Presiden Soeharto pada 5 Desember 1995 yang terletak di daerah PT Freeport Indonesia.

Di kawasan Kuala Kencana dibagi menjadi beberapa kompleks yaitu Kompleks Bumi Satwa Indah, Kompleks Tirta Indah, Kompleks Apartemen, Kompleks Bachelor’s Quarter, dan Kompleks Jalan Bougenville.

Tanpa Tiang Listrik

Salah satu daya tarik Kuala Kencana sebagai kota modern bergaya Eropa ini adalah karena tidak menggunakan tiang listrik sebagai media penyaluran listrik ke rumah-rumah.

Sebab, Kuala Kencana menggunakan konsep underground utilities atau kabel bawah tanah untuk mengalirkan listrik. Tidak hanya listrik saja, sistem komunikasi dan air bersih juga sudah menggunakan sistem bawah tanah.

Keamanan yang Terjaga

Keunikan lain dari Kuala Kencana adalah kota ini termasuk salah satu kota yang tidak dapat dimasuki Kelompok Kriminal Bersenjata yang meneror warga sipil dengan beragam pelanggaran hukum.

Karena Kuala Kencana dilengkapi sistem keamanan ketat untuk menjamin keamanan seluruh masyarakat di kota tersebut.

Lalu, Kuala Kencana dibangun dengan gaya modern ala Jepang,  rumah-rumah dibangun tanpa pagar dilengkapi halaman luas, dengan gaya bangunan modern bergaya minimalis.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut