get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Dahsyatnya Waktu Subuh

Peristiwa Penting di Hari Jumat, Nomor 4 Muslim Patut Mengetahui

Jum'at, 27 Januari 2023 | 10:27 WIB
header img
Hari Jumat adalah penghulunya hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah Ta’ala. (Foto: Freepik)

7. Pada hari Jumat seluruh mahluk diciptakan, langit, bumi, neraka dan surga menjadi sempurna

Imam Ibnu kasir dalam tafsirnya menjelaskan bahwa “dan pada hari itulah semua mahluk menjadi sempurna yaitu hari ke enam dimana Allah menciptakan langit dan bumi didalamnya. Hari ke enam adalah hari Jumat, karena kalender islam memulai menghitung hari dari hari Minggu, bukan dari hari Senin seperti kalender masehi."

Rasullullah SAW bersabda: “dalam tujuh hari, ada satu hari yang Allah memilihnya dari hari-hari keseluruhanya. Pada hari Jumat Allah menciptakan langit dan bumi, dihari itu juga Allah menyelesaikan ciptaanya, dan dihari itu juga Allah menciptakan surga dan neraka.” (HR. Abu Syaikh)

8. Hari diciptakanya Nabi Adam
Nabi Adam adalah manusia pertama yang Allah ciptakan di bumi. Sebagai mana Rasullullah SAW bersabda : “Hari terbaik terbitnya matahari adalah hari Jumat, hari penciptaan nabi Adam, hari masuk dan keluar surga nabi Adam, dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali hari Jumat.” (HR. Muslim)

Dalam hadis tersebut ada lima hal penting yaitu tentang penciptaan nabi Adam as, hari utama atau hari terbaik terbitnya matahari, hari kiamat akan terjadi pada hari Jumat, Adam as masuk surga pada hari Jumat, dan Allah mengeluarkan Adam dari surga juga pada hari Jumat.

“Pada hari itu (hari Jumat) bapak kalian semua (Nabi Adam as) masuk surga. Dan pada hari itu ia keluar dari surga.” (HR. Imam At thabrani).

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut