Logo Network
Network

4 Penyebab Setrika Tidak Panas, Jangan Panik, Solusinya Simpel dan Gampang

Sazili Mustofa
.
Selasa, 31 Januari 2023 | 11:36 WIB
4 Penyebab Setrika Tidak Panas, Jangan Panik, Solusinya Simpel dan Gampang
Ilustrasi aktivitas nyetrika pakaian. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - 4 penyebab setrika tidak panas. Setrika salah satu barang yang wajib dimiliki, termasuk peralatan rumah tangga yang paling berguna untuk mengatasi baju kusut atau tidak rapi.

Setrika yang digunakan jarang diperhatikan dengan baik, biasanya akan membuat bekerja tidak seperti biasanya. Setrika yang tak kunjung panas atau kabel setrika yang rusak dan membuat kita kesulitan untuk menyetrika.

Jika mengetahui setrika yang kita gunakan tidak panas, tentu akan membuat kita kesal. Tapi jangan panik, setrika tidak panas bisa diperbaiki kok. 

Berikut 4 penyebab setrika tidak panas yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Kerak Kapur di Tapak Setrika

Salah satu alasan setrika tidak memanas, bisa jadi adanya penumpukan serta endapan kerak kapur di tapak setrika. Endapan ini, dapat menyumbat pelat dan setrika tidak akan panas atau menghasilkan uap dengan baik.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu mematikan setrika dan membiarkannya hingga dingin. Kemudian periksa tapak setrika dan cari endapan berkerak yang menutupi ventilasi di dalamnya. Lap tapak setrika menggunakan kain dingin dan lembab yang telah dicelupkan ke dalam panci yang berisi cuka putih.  

Selain itu, perlu memastikan kabel setrika mauk ke stopkontak yang berfungsi. Jika kamu menggunakan kabel ekstensi, periksa apakah kabel tersebut tidak berfungsi.

Perlu juga mematikan kabel daya tidak rusak, dan memastikan kenop pengaturan suhu diatur dengan benar. Setrika juga membutuhkan perawatan yang baik dan benar, seperti kenop dan kabelnya yang perlu kamu perhatikan.

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini