get app
inews
Aa Read Next : Mesin Diesel Irit dan Bandel, Tetapi Punya Sejumlah Kelemahan

Mesin Diesel Hasilkan Torsi yang Besar, Empat Langkah Cara Kerjanya

Sabtu, 04 Februari 2023 | 17:22 WIB
header img
Kendaraan pribadi seperti SUV juga banyak yang menggendong mesin diesel. (Foto : Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Dulu, mesin diesel lebih banyak disemakkan pada kendaraan niaga seperti truk atau bus. Belakangan kendaraan pribadi seperti SUV juga menggendong mesin diesel.

Apa kelebihan mesin diesel? Salah satunya mesin diesel dipercaya karena bisa menghasilkan torsi yang besar. Sejarah mesin diesel melalui perjalanan panjang, ditemukan Rudolf Diesel seorang insinyur Jerman.

Mesin Bensin Vs Mesin Diesel

Lalu apa perbedaan dengan mesin bensin? Yang pasti mesin diesel tidak perlu pemantik untuk menciptakan pembakaran, jadi tidak memakai busi. Untuk menciptakan pembakaran di mesin diesel, hanya perlu udara ditambah solar lalu dikompresi.

Adapun proses terjadinya pembakaran pada mesin diesel ada yang melalui dua langkah (2 tak) dan empat langkah (4 tak).

Proses terjadinya pembakaran pada mesin diesel 4 tak dapat dijelaskan dalam empat langkah. Sebelumnya harus dipahami komponen pada mesin diesel 4 tak, yakni piston, kepala silinder, blok silinder, katup hisap, intake manifold, katup buang, exhaust manifold, dan injektor.

1. Langkah Hisap

Piston bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) yang menyebabkan pembesaran ruang bakar. Saat langkah ini, katup hisap terbuka dan udara dari intake manifold masuk ke ruang bakar.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut