get app
inews
Aa Read Next : Usai Mudik Lebaran, ini Daftar Wajib Cek Komponen Mobil

Pakai Mobil Pribadi saat Mudik Lebaran? Ini Hal-hal yang Harus Diperhatikan Pemilik Kendraan

Senin, 10 April 2023 | 14:19 WIB
header img
Sebelum mudik, ada banyak komponen mobil yang harus diperiksa terlebih dulu. Foto: Sindonews/Danang Arradian

JAKARTA,iNewsSerpong.id – Kementerian Perhubungan memproyeksikan jumlah pemudik lebaran tahun ini menggunakan jalur darat sebesar 17,7 juta kendaraan.

Tentu saja, karena kemudahan akses tol yang menghubungkan Jakarta hingga Surabaya. Juga, karena meningkatnya penjualan mobil di awal 2023, yang otomatis akan banyak dipakai untuk mudik. Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan jarak jauh.

Mobil pribadi yang digunakan mudik ke kampung halaman wajib dpersiapkan semaksimal mungkin. Sehingga performanya terjaga sepanjang perjalanan.

Untuk itu, sebelum mudik Lebaran , pastikan mobil harus diservis terlebih dulu mengingat kendaraan Anda akan menempuh jarak ribuan kilometer dan melalui situasi jalan yang tak menentu.

Berikut adalah 8 komponen wajib di mobil yang harus diperiksa secara seksama sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran seperti dilansir Auto2000:

  1. Ban Mobil

Komponen no 1 yang wajib dicek. Terutama, jika mobil Anda belum memiliki fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Ada beberapa hal yang harus dicek, tidak sekadar tekanannya saja. Tapi juga apakah ban dalam kondisi baik, seperti telapak yang belum aus, hingga dinding yang tidak sobek atau benjol. ]

  1. Oli

Wajib cek kondisi oli, mulai oli mesin, oli transmisi, dan oli gardan. Pastikan semua komponen dapat terlumasi dengan baik. Jika kondisinya sudah tidak layak, maka disarankan untuk segera diganti.

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut