Logo Network
Network

Siap Huni Sembilan Tower Pekerja Konstruksi IKN, Target 22 Tower

Iqbal Dwi Purnama
.
Senin, 06 Februari 2023 | 05:49 WIB
Siap Huni Sembilan Tower Pekerja  Konstruksi IKN, Target 22 Tower
Sembilan dari 22 Tower Hunian Pekerja Konstruksi IKN Siap Dihuni. (Foto: Dok. KemenPUPR)

JAKARTA,iNewsSerpong.id - Pembangunan hunian tower pekerja Ibu Kota Negara(IKN) terus dilaksanakan. Sebanyak 9 tower siap huni dari target 22 tower yang akan dibangun tahun ini.

Ketua Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN (Ibu Kota Nusantara) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danis Sumadilaga mengatakan, sembilan tower hunian pekerja konstruksi siap untuk digunakan pada Februari ini.

Danis menjelaskan, pembangunan hunian khusus untuk para pekerja konstruksi ini bertujuan agar progres pembangunan bisa lebih tertata dan rapih. Sebab, tidak ada bedeng-bedeng buatan di sekitar area konstruksi.

"Dari 22 tower pekerja konstruksi ini sekarang sudah sudah proses, yang sudah jadi (ada) sembilan tower, jadi mungkin di Februari ini sudah selesai. Nanti akan segera dihuni, agar pekerja-pekerja ada dalam satu kawasan," ujar Danis mengutip kanal YouTube Sekretaris Kabinet, Minggu (5/2/2023).

Danis menjelaskan, tower-tower tersebut juga akan dilengkapi oleh fasilitas-fasilitas umum dan sosial. Seperti masjid, klinik, hingga tempat makan.

"Hunian pekerja konstruksi terdiri dari 22 tower untuk tenaga ahli tenaga dan tenaga terampil," sambung Danis.

Lebih lanjut, Danis juga memaparkan model konstruksi dan spesifikasinya rusun untuk para pekerja konstruksi tersebut. Pembangunan hunian menggunakan model knockdown alias bongkar pasang.

"Kalau bahasa sehari-hari kayak knockdown sebetulnya ya Jadi kalau bahasa ininya modular. Modular itu dengan ukuran tertentu ya kita bangun," kata Danis.

Pada 22 tower pekerja konstruksi tersebut, kata dia, nantinya akan disediakan tempat tidur yang jumlahnya 3.300 unit, dan mampu menampung hingga 16 ribu pekerja konstruksi secara keseluruhan.

Dengan dibangunkannya rumah susun untuk para pekerja konstruksi tersebut, harapannya bisa memberikan jaminan kesehatan juga kepada para pekerja konstruksi di IKN.

"Jadi IKN ini bukan hanya membangun budaya tetapi merubah budaya bekerja, kadang-kadang kan kita di tempat proyek ada warung kumuh, tempat tidur, dan lainya. Jadi nanti dari sisi kesehatan baik kamar mandi baik makanan juga terorganisir," pungkas Danis.(*)

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini
Tag :
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.