Logo Network
Network

Kalah 0-4 dari Thailand, Peluang Indonesia Juarai Piala AFF 2020 Kian Berat

Syahrir Rasyid
.
Rabu, 29 Desember 2021 | 21:43 WIB
Kalah 0-4 dari Thailand, Peluang Indonesia Juarai Piala AFF 2020 Kian Berat
Thailand menang telak 4-0 atas Indonesia pada leg 1 final Piala AFF 2020 di National Stadium, Rabu (29/12/2021) malam WIB. (Foto: Twitter/Changsuek_TH)

SINGAPURA, iNews.Serpong.id – Timnas Indonesia mengalami kekalahan 0-4 dari Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020. Bermain di Stadiun Nasional Singapura, Rabu (29/12/2021) malam, tim Gajah Perang lebih banyak mengusai permainan.

Kans juara Skuad Garuda menipis. Peluang untuk meraih trofi Piala AFF perdana terbilang berat. Untuk bisa meraih juara, tim asuhan Shin Tae-yong harus setidaknya menang 5-0 pada pertemuan kedua, Sabtu (1/1/2022) malam WIB.

Sejak pertandingan dimulai, Thailand langsung menunjukkan agresivitasnya. Indonesia sedikit kesulitan untuk mengimbangi permainan yang ditampilkan tim gajah perang. Babak pertama Thailand unggul 1-0. Berawal dari serbuan di sayap kanan, Phillip Roller mengirimkan umpan ke mulut gawang Indonesia. Chanathip mampu mengeksekusi umpan tersebut dengan sepakan kaki kiri dan sukses menembus gawang Garuda yang dikawal Nadeo Argawinata.

Indonesia mencoba mengembangkan permainannya setelah tertinggal. Namun, Thailand mampu tampil lebih kuat dan beberapa kali kembali mengancam gawang Indonesia. Thailand terus menunjukan tempo permainan yang cepat di babak pertama. Hal itu membuat pemain Indonesia sedikit kesulitan untuk mengembangkan permainan dan kerap melakukan kesalahan sendiri. Setelah tampil tertekan, Indonesia semakin kesulitan untuk fokus dalam bertanding di lapangan.

Skuad Garuda kerap melakukan kesalahan fatal dengan passing yang tidak akurat sehingga menguntungkan Thailand untuk membangun serangan. Pada menit ke-41, Indonesia hampir saja berhasil membuat gol penyeimbang. Namun Dewangga yang mendapat umpan dari Witan tidak mampu memanfaatkan kesempatan. Hingga akhir babak pertama, tidak ada gol tambahan yang dapat kembali tercipta, Thailand unggul 1-0 di paruh pertama.

Thailand kembali menekan di babak kedua. Supachok mengancam lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Tendangannya melambung. Menit ke-52 Thailand mampu menggandakan keunggulan. Berawal dari akselerasi Supachok Sarachat, pemain bernomor punggung 7 itu mengotak-atik bola di lini pertahanan Indonesia. Setelahnya Supachok mengirimkan umpan ke belakang. Chanathip berhasil mengkonversi umpan tersebut menjadi gol.

Irfan Jaya punya peluang emas pada menit ke-62. Sayangnya sepakan dari jarak dekat masih bisa ditepis kiper Thailand, Siwarak. Lima menit kemudian giliran Supachok yang bisa mencatatkan namanya di papan skor. Pesta gol Thailand ditutup Bordin Phala pada menit ke-83.

Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; M Edo Febriansyah, Rizky Ridho,  Fachrudin Aryanto, Asnawi Mangkualam; Irfan Jaya, Ricky Kambuaya, Alfeandra Dewangga, Rachmat Irianto, Dedik Setiawan; Witan Sulaeman. Cadangan: Evan Dimas, Ezra Walian, Kushedya Yudo, Egy Maulana Vikri, Victor Igboveno, Rizky Dwi Febrianto, Syahrian Abimanyu, I Kadek Agung, Ramai Rumakiek, Syahrul Fadillah, Hanis Sagara Putra, Elkan Baggott. Pelatih: Shin Tae-yong.

Thailand (4-1-2-1-2): Siwarak Tedsungnoen; Weetarhep Pomphan, Kritsada Kaman, Phillip Roller, Tristan Do; Yusef Elias Dolah, Phitiwat Sukjitthammakul, Bordin Phala; Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat; Teerasil Dangda. Cadangan: Kawin Thamsatchanan, Suriya Singhmui, Sarach Yooyen, Thitiphan Puangchan, Adisak Kraisorn, Thanawat Suengchittawon, Narubadin Weerawatnodom, Supachai Chaided, Worachit Kanitsribumphen, Pawee Tanthatemee, Pokklaw Anan, Picha Autra Pelatih: Alexandre Polking.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.