get app
inews
Aa Read Next : HIKMAH JUMAT : Kemuliaan Bulan Muharram

Catat Jadwal dan Keutamaan Lailatul Qadar

Selasa, 04 April 2023 | 09:02 WIB
header img
Lailatul qadarerupakan malam paling istimewa yang dinantikan tiap muslim di Bulan Ramadhan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Lailatul Qadar 2023 jatuh pada tanggal berapa patut diketahui muslim agar bisa meraih keutamaannya.

Lailatul Qadar merupakan malam penuh kemuliaan yang terjadi di Bulan Ramadhan. Disebutkan dalam Al Quran dan hadits bahwa Lailatul Qadar lebih baik dari 1.000 bulan.

Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat MA menjelaskan, Lailatul Qadar dipahami oleh sebagian ulama sebagai malam mulia tiada bandingnya. Malam itu mulia karena terpilih sebagai malam turunnya Al Quran. 

Lailatul Qadar adalah nama julukan untuk suatu malam di mana di malam itu Al Quran diturunkan sepenuhnya dari Lauhil Mahfudz ke langit dunia, secara sekaligus bukan sedikit-sedikit. Ini adalah masa penurunan (nuzul) Al-Quran fase pertama. Sebagaimana disebutkan dalam surat Al-Qadar ayat 1-5.

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5)

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar". (QS. Al Qadr: 1-5).

Mengenai kapan pastinya malam Lailatul Qadar tak seorang pun bisa mengetahuinya. Namun, dalam hadits disebutkan Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan terjadi pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir yakni tanggal 21, 23, 25, 27 dan 29.

Dalam sebuah hadits Rasulullah mengisyaratkan mengenai Lailatul Qadar. "Carilah Lailatul Qadar itu pada malam-malam ganjil di sepuluh terakhir Bulan Ramadan" (HR. Bukhori).

Hadis di atas mengisyaratkan bahwa Lailatul Qadar itu datang pada malam ganjil di 10 terakhir Ramadan. Bisa saja malam yang lebih baik dari 1.000 bulan itu datang pada tanggal 21, 23, 25, 27, atau 29.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut