get app
inews
Aa Read Next : Jangan Anggap Enteng, Kentut Bau Busuk Bisa Jadi Gejala Kanker Loh!

Nah, Jangan Sampai Kecolongan, Begini Gejala Kolesterol Tinggi Usai Santap Menu Lebaran

Minggu, 23 April 2023 | 15:41 WIB
header img
Gejala kolesterol tinggi. (foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Saat lebaran banyak orang memakan berbagai sajian lezat penuh santan, seperti opor ayam, rendang, juga gulai kambing. Nah, makanan ini mengandung kolesterol.

Banyak orang makan makanan yang mengandung kolesterol tinggi seperti gorengan, daging berlemak, jeroan, junk food, atau makanan tinggi lemak jenuh lainnya, seperti makanan atau minuman bersantan. Akibatnya kolesterol jahat dalam tubuh pun meningkat

Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr Sheena R Angelia mengatakan, bagaimana dampaknya kepada tubuh bila kolesterol jahat atau LDL meningkat.

 kolesterol tinggi

“Jika jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu banyak atau tidak ada keseimbangan antara LDL dan HDL, justru membawa dampak buruk dan menimbulkan berbagai penyakit seperti penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung, dan hipertensi,” ujarnya.

Dia mengatakan, di tahap awal memang tidak ada gejala khusus saat kadar kolesterol di tubuh meningkat.

Namun jika kadar kolesterol sudah lebih dari 200 mg/dL, biasanya muncul berbagai gejala tidak nyaman seperti sering sakit kepala, tengkuk hingga bahu terasa pegal dan kaku, nyeri pada persendian.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut