get app
inews
Aa Read Next : Terbang Bersama Pelita Air Bisa Dapat Mobil BMW

Crazy Rich Tanjung Priok Ahmad Sahroni, Ternyata Doyan Tunggangan Kuda Besi, Simak Deretan Motornya 

Rabu, 05 Januari 2022 | 10:40 WIB
header img
Dijuluki Crazy Rich, Ini Harga-harga Motor Mewah Milik Ahmad Sahroni (FOTO:Dok IG Ahmad Sahroni)

JAKARTA,iNewsSerpong  - Ketua Pelaksana Balapan Formula E 2022 sekaligus Wakil Ketua Komisi III DPR RI dan juga pengusaha Ahmad Sahroni, memiliki magnet tersendiri untuk terus menjadi bahan perbincangan.  

Bahkan, kekayaan pria yang menetap di Jakarta Utara itu membuat dirinya dijuluki Crazy Rich Tanjung Priok. Ahmad Sahroni memiliki kecintaan terhadap dunia otomotif dengan  mengkoleksi beragam kendaraan mobil mewah,  selain itu dirinya juga mengkoleksi berbagai motor sport yang jumlah cukup terbatas atau limeted.  

Berikut ini spesifikasi dan harga motor sport milik Ahmad Sahroni yang terparkir di garasi rumahnya : 

s by

1. BMW HP 4 Race 


Motor Sport ini hanya di produksi sebanyak 750 unit di dunia, dengan kecepatan motor hingga lebih dari 299 km/jam. Berbagai komponen lainnya setara dengan spesifikasi balapan dunia. Seperti suspensi depan fork Öhlins FGR 300 upside down dan swing arm alloy dengan suspensi belakang monoshock TTX 36 GP. Serta piston berlapis titanium, kaliper rem aluminium monoblock Brembo GP4 PR, dan sistem rem yang diambil dari motor balap BMW Motorrad seperti cakram T-Type baja racing. 

Mesin yang digunakan BMW HP4 Race sama yang di pakai BMW S1000RR dengan tenaga yang di keluaran 215 daya kuda 13.900 rpm dan torsi 120 Nm 10.000 rpm. Tetapi putaran mesinnya lebih tinggi dari 14.200 menjadi 14.500 rpm. Dengan transmisi racing close ratio 6 percepatan. 

Sementara sistem elektroniknya lengkap mulai dari akses asistensi, elektronik on-board yang bisa diakses dari dasbor melalui 2D logger. Fitur lainnya Dynamic Traction Control dengan kontrol ignition cut, Engine brake EBR dan Wheelie Control yang bisa diprogram sesuai kebutuhan tiap pengendaranya. Tidak itu saja, setingannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan layout tiap trek serta variasi permukaan aspal trek. Sesuai kebutuhan regulasi balap HP4 dilengkapi pit lane limiter dan launch control. Di indonesia sendiri harganya dibanderol sangat fantastis yaitu Rp 2,1 Miliar.

2. Honda RC213V-S V4,  

Motor sport ini sebagai replika dari jagoan MotoGP Honda Racing Corporation (HRC), motor ini dibekali dengan spesifikasi mesin serupa bahkan beberapa komponennya sama persis. Spesifikasi Motor ini mengusung mesin DNA balap V-4, 4-stroke, DOHC, 4-Valve, 6-speed dengan kapasitas mesin 999cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 156,9 dk /11.000 rpm serta torsi sebesar 102 Nm/10.500 rpm untuk versi standar. Tenaga motor ini bisa didongkrak hingga 215 dk dengan sport kit tambahan. Sedangkan Motor Marc Marquez di MotoGP mampu menyemburkan 300 daya kuda. 

Mesin ini dikatakan menerapkan system bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection) dengan kapasitas bahan bakar 16,3 liter. Saat di Sentul, RC213V-S terpantau menggunakan bensin memiliki kadar nilai oktan atau Research Octane Number (RON) 98 atau Pertamax Turbo. 

RC213V-S sendiri saat peluncurannya pada lima tahun lalu dibanderol US 184 ribu atau Rp 2,4 Miliar. Di indonesia sendiri motor ini dibandrol dengan harga mencapai Rp7-9 Miliar karena motor ini limited. 

3. BMW S1000RR 

BMW S1000RR ini telah dilengkapi dengan teknologi-teknologi canggih yang saat ini sedang berkemang seperti teknologi Injeski sebagai sistem penyuplai bahan bakar serta beberapa fitur modern yang akan membuat perfoma BMW S1000RR ini makin optimal. 

Bicara soal Mesin BMW S1000RR disematkan dengan mesin 999 cc empat silinder dengan enam kecepatan. Mesin dilengkapi dengan pendingin dan putaran empat-tak. Motor superbike ini bisa menghasilkan tenaga 199 daya kuda pada putaran 13.500 rpm dan torsi maksimum hingga 113 nm di putaran 10.500 rpm.  

Untuk meningkatkan aliran daya pada mesin, BMW S1000RR telah menggunakan sistem injeksi bahan bakar elektronik. Sistem itu mampu meningkatkan respons dari katup untuk mengalirkan daya. Kecanggihan dalam mesin dan juga sistem yang disematkan ini mampu membawa motor melaju 100 km per jam hanya dalam waktu 3,10 detik dengan kecepatan maksimal hingga 299 km per jam. Di Indonesia sendiri harga BMW S1000RR dibanderol mulai Rp767 juta.

4. Ducati Superleggera V4 

Ducati Superleggera V4 memiliki tampilan sama dengan Panigale V4 terbaru atau V4 R, yang dari motor ini adanya 2 winglet besar bertingkat, yang merupakan turunan dari Ducati MotoGP Desmosedici GP16. Sementara kapasitas mesin dari Superleggera V4 ialah 998 cc hampir 1.000 cc dan termasuk dalam supermotor. Tenaga yang di hasilkan yaitu 224 hp, full carbon fiber chassis, mengadaptasi dari teknologi motor MotoGP, maka kisaran harganya bisa sedikit dibayangkan.  

Bahkan, Superleggera V4 juga punya pilihan untuk konfigurasi race sehingga kecepatan motor ini bisa mencapai 234 hp. Untuk tampilan Ducati Superleggera V4, memiliki frame carbon fiber, campuran komponen titanium dan magnesium. 

Sehingga Superleggera V4 yang memiliki seat height 83,5 cm dan wheelbase 1,48 meter ini menjadi motor yang tampak kokoh dan terlihat keren di beberapa sisi. Untuk pasar Indonesia, Ducati Superleggera V4 998 cc ini diberikan harga sekitar Rp5,5 miliar(*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut