get app
inews
Aa Read Next : Indonesia Bisa Segera Lepas dari Pandemi Covid-19

Status Darurat Covid-19 Sudah Dicabut

Selasa, 09 Mei 2023 | 19:10 WIB
header img
Ilustrasi Covid-19. (foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum lama ini menyatakan status darurat Covid-19 dicabut. Namun, hal itu tidak lantas membuat masyarakat menjadi abai terhadap penyakit yang menelan banyak korban itu. Para ahli kesehatan bahkan meminta masyarakat tetap waspada bahwa Covid-19 masih ada. 

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril menegaskan bahwa walau status kedaruratan pandemi sudah dicabut, tapi Covid-19 masih menjadi ancaman nyata bagi dunia. Sebab, virus Covid-19 sendiri masih ada di sekitar kita.

"Dihentikannya status kedaruratan pandemi tidak berarti Covid-19 bukan lagi ancaman global. Covid-19 masih ada di sekitar kita dan untuk itu kami menyarankan agar tetap waspada dan bisa hidup berdampingan dengan Covid-19," kata dr Syahril, Selasa (9/5/2023).

Di sisi lain WHO pun meminta agar setiap negara bisa melakukan upaya transisi dari pandemi ke endemi. Jadi, sekali pun status kedaruratan sudah dicabut, tapi upaya pencegahan infeksi Covid-19 seperti vaksinasi tetap perlu diberikan ke masyarakat. Itu kenapa, meski pandemi sudah dicabut, Kemenkes masih mengingatkan masyarakat untuk melengkapi vaksin booster.

Meski status darurat pandemi sudah dinyatakan berakhir, kesadaran mengenai kesehatan dan penerapan gaya hidup sehat harus tetap dilakukan. Karena itu, edukasi kesehatan harus tetap dilakukan kepada masyarakat.

"Selama pandemi awareness tentang kesehatan meningkat. Kini setelah pandemi berakhir, kami berharap masyarakat tetap memiliki awareness kesehatan itu," kata Direktur Utama PT Prodia Widyahusada Tbk. Dewi Muliaty di Jakarta.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut