get app
inews
Aa Read Next : Hubungan Israel dengan Negara Arab: Sejarah dan Perkembangan Terbaru

Penemuan Berjasa untuk Dunia dari Tiongkok, dari Kertas hingga Kompas

Kamis, 18 Mei 2023 | 06:48 WIB
header img
Penemuan asal Tiongkok yang berjasa bagi dunia, Kompas (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Terdapat sejumlah penemuan asal Tiongkok yang berjasa bagi dunia. Peradaban Tiongkok kuno telah  melahirkan berbagai penemuan penting untuk bidang teknologi sehingga bisa dinikmati oleh generasi saat ini.

Dalam sejarahnya, peradaban Tiongkok kuno berlangsung sejak 2070 sebelum masehi (SM). 
Peradaban ini terutama terjadi di sepanjang kawasan lembah sungai Huang Ho dan sungai Yangtze yang menjadi wilayah subur akibat adanya endapan lumpur sungai tersebut, sehingga cocok untuk membangun dan mengembangkan peradaban.

Adapun karakteristik peradaban Tiongkok kuno ini meliputi sistem pertanian, ilmu pengetahuan dan teknologi, perekonomian, pemerintahan, kebijakan hidup, dan kepercayaan. 

5 Penemuan Tiongkok yang Berjasa Bagi Dunia

Adapun sejumlah penemuan Tiongkok yang berjasa bagi dunia, sebagai berikut:

1. Kertas 

Salah satu penemuan paling penting yang berasal dari Tiongkok adalah kertas. Sebelum ditemukannya kertas, manusia menggunakan bahan-bahan seperti daun, tulang, atau kulit binatang untuk menulis.

Namun, pada abad ke-2 SM, Dinasti Han di Tiongkok menciptakan kertas menggunakan serat tumbuhan yang kemudian disebarkan ke seluruh dunia. 

Penemuan kertas telah mengubah cara manusia menyimpan dan menyampaikan informasi, membantu kemajuan dalam bidang pendidikan, sastra, dan ilmu pengetahuan.

2. Kompos

Sistem kompos, yang menjadi dasar dari pertanian berkelanjutan, juga merupakan kontribusi Tiongkok bagi dunia. Pada abad ke-7, Tiongkok mengembangkan teknik pengomposan organik untuk memperbaiki kualitas tanah pertanian. 

Metode ini memungkinkan pengomposan limbah organik menjadi pupuk yang berguna untuk meningkatkan kesuburan tanah. 

Penemuan ini tidak hanya meningkatkan produksi pangan, tetapi juga mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia berbahaya bagi lingkungan.

3. Kompas

Penemuan kompas oleh bangsa Tiongkok telah membawa perubahan besar dalam navigasi dan perdagangan di seluruh dunia. 

Pada abad ke-2 SM, Tiongkok mengembangkan kompas magnetik, yang memungkinkan manusia menentukan arah dengan lebih akurat. 

Ini membantu pelaut dan penjelajah dalam menjelajahi lautan yang luas, menghubungkan budaya-budaya yang berbeda, dan mengembangkan perdagangan antarbangsa.

4. Kertas Uang

Tiongkok juga dikenal sebagai pencipta sistem kertas uang pada abad ke-7 M. Penggunaan kertas sebagai alat tukar menggantikan mata uang logam memberikan keuntungan dalam mobilitas dan kepraktisan. 

Inovasi ini telah menjadi landasan bagi perkembangan sistem perbankan modern dan perdagangan global.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut