get app
inews
Aa Read Next : Hubungan Israel dengan Negara Arab: Sejarah dan Perkembangan Terbaru

Memaknai Sumpah Pemuda untuk Generasi Penerus Bangsa

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 09:27 WIB
header img
Kongres Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. (Foto : surakarta.go.id)

TANGERANG RAYA, iNewsSerpong.id - Setiap 28 Oktober bangsa Indonesia merayakan Hari Sumpah Pemuda, sebuah peristiwa yang sangat bersejarah. Pada 28 Oktober 1928, adalah awal berdirinya pergerakan kaum pemuda-pemudi dalam mewujudkan persatuan bangsa.

Mengutip situs resmi Museum Sumpah Pemuda, Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) memotori terselengganya Kongres Pemuda yang dilakukan selama tiga kali di tiga tempat yang berbeda.

Sejarah Sumpah Pemuda

Pertama kali Kongres Pemuda diselenggarakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond pada 27 Oktober 1928. Beberapa tokoh seperti Soegondo Djojopoespito dan Muhammad Yamin menyampaikan pidato mereka tentang pentingnya persatuan.

Muhammad Yamin menegaskan terdapat lima faktor yang dapat memperkuat Indonesia, yakni sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Dilanjutkan rapat kedua di Gedung Oost-Java Bioscoop tanggal 28 Oktober 1928, hadir Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro membahas mengenai pentingnya pendidikan kebangsaan bagi anak-anak.

Dan, rapat ketiga yang diselenggarakan di Gedung Indonesische Clubhuis Kramat, membahas tentang pergerakan nasional dan gerakan kepanduan. Dengan cepat, pada tanggal tersebut juga dibacakan ikrar pemuda yang hingga saat ini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.


Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober. (Foto : Dennis/UMN)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut