get app
inews
Aa Read Next : Pengguna ChatGPT Capai 100 Juta per Minggu Luar Biasa

Bahaya ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Dosen ITB Beberkan

Sabtu, 20 Mei 2023 | 23:11 WIB
header img
Ilustrasi chatGPT dan risiko bagi dunia pendidikan

JAKARTA, iNewsSerpong.id - ChatGPT saat ini telah banyak digunakan masyarakat, khususnya mahasiswa untuk membantu proses belajar. Namun ternyata, ada beberapa berisiko di balik penggunaannya untuk dunia pendidikan.

Dosen pada Kelompok Keahlian Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB, Ayu Purwarianti mengatakan, ada beberapa risiko yang harus dipertimbangkan ketika memanfaat ChatGPT, misalnya seputar regulasi, isu plagiarisme, dan etika dalam pemanfaatan, khususnya dalam lingkup akademik.

“Sebenarnya ChatGPT bermanfaat banget buat membantu kita belajar, tapi memang harus berhati-hati akan tujuan kita menggunakannya. Kalau misalnya mahasiswa disuruh bikin essay dengan tujuan supaya bisa memiliki kemampuan analisis yang lebih tinggi, serta lebih kritis dan kreatif, maka jangan menggunakan ChatGPT. Silakan membuat essay dengan kalimat sendiri dan nanti dibandingkan dengan hasil ChatGPT,” ucap Ayu dikutip dari laman ITB, Sabtu (20/5/2023).

Lebih lanjut, Ayu mengingatkan agar siapa pun, termasuk mahasiswa lebih bijak dalam menggunakan ChatGPT karena risiko yang mengintai. Resiko pertama yaitu, tidak akuratnya informasi dan jawaban yang diberikan, sehingga pengguna harus melakukan validasi atau mencari sumber lain yang lebih terpercaya dalam mencari suatu informasi.

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut