get app
inews
Aa Read Next : RAKYAT BERSUARA : Orang Toxic Ancaman Serius bagi Stabilitas dan Kemajuan suatu Negara

Pemilih Jokowi Cenderung Lari ke Prabowo Subianto di Pilpres 2024, Hasil Survei dari LSJ

Kamis, 25 Mei 2023 | 19:14 WIB
header img
Lembaga Survei Jakarta (LSJ) menyebut pemilih Jokowi cenderung memilih Prabowo Subianto di Pilpres 2024. (Foto : Antara)

Dia mengungkapkan, salah satu faktor yang sangat dipertimbangkan oleh masyarakat dalam menentukan pilihan pada Pilpres adalah kemampuan atau kapabilitas calon presiden dalam memecahkan masalah (52,5 persen). 

"Faktor-faktor primordial seperti agama dan latar belakang suku bangsa tidak begitu berpengaruh dalam pertimbangan mereka. Demikian pula, faktor party id dan imbalan (money politics) tidak menjadi faktor utama yang memengaruhi pilihan mereka," ucap dia.

Sebagaimana diketahui, survei LSJ dilakukan pada 9-17 Mei 2023 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia dengan jumlah 1.200 responden WNI sudah berusia 17 tahun ke atas yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multistage random sampling).

Margin of error survei kali ini yakni sekitar 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.

Responden terdistribusi 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan, serta 60 persen tinggal di pedesaan dan 40 persen di perkotaan. Quality control terhadap hasil wawancara petugas lapangan dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh para supervisor LSJ. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Survei LSJ, Pemilih Jokowi Cenderung Pilih Prabowo Subianto di Pilpres 2024 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/survei-lsj-pemilih-jokowi-cenderung-pilih-prabowo-subianto-di-pilpres-2024/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut